Mahasiwa KKN IAIN Parepare Posko 1 Desa Anabanua Gelar Festival Anak Saleh

11 April, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare----Berkolaborasi dengan remaja masjid Dusun Banga-Banga, Mahasiswa KKN IAIN Parepare Posko 1 Desa Anabanua menyelenggarakan festival anak saleh. Kegiatan berlangsung pada hari Ahad-Senin (9-10/04/2023) di Masjid Masdarul Taqwa Banga-Banga dengan mengangkat tema "Menciptakan Generasi Muda Penerus yang Religius dan Berakhlakul Karimah".

Festival tersebut digelar secara besar-besaran dengan menggait anak-anak dari 4 Dusun di Desa Anabanua (Banga-banga, Daccipong, Allejjang, dan Gellengnge). Para panitia menawarkan empat jenis lomba yang dapat dipilih oleh para peserta sesuai dengan kemampuan dan kepercayaan diri masing-masing. Di antaranya adalah Lomba azan, Tadarus, Membaca Surah-surah Pendek, dan Membaca Bacaan Salat . Total peserta yang ikut lomba adalah 65 anak.

Haerul Kordinator Desa Anabanua menyampaikan tujuan festival tersebut, "Tujuan dilaksanakannya festival ini bukan untuk mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah, melainkan menciptakan atau menjalin silaturahmi antardusun yang ada di Desa Ananbanua ini sebab hubungan yang baik akan menciptakan kekeluargaan yang baik pula," ungkapnya.


Faharuddin Kepala Desa Anabanua dalam sambutannya mengungkapkan tidak menyangka antusiame peserta

"Saya tidak menyangka kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta. Tema yang diangkat juga sesuai dengan visi Pemerintah Desa yaitu menciptakan generasi muda yang bersifat religius. Semoga mental para generasi muda ini dapat terbentuk dan terus meningkat. Begitupun dengan wawasan keagamaan bibit-bibit unggul Desa Anabanua dapat lebih baik lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Desa Anabanua menyampaikan apresiasinya kepada Tim KKN IAIN Parepare. "Saya berterima kasih kepada Mahasiswa KKN IAIN Parepare yang telah melaksanakan kegiatan ini. Sesungguhnya pihak desa sudah lama ingin mengadakan kegiatan serupa, tapi baru hari ini bisa terlaksana. Kami harap akan ada lagi KKN IAIN Parepare yang ditempatkan di desa ini (Anabanua). Selanjutnya kami akan koordinasikan lagi ke pihak kampusnya, karena baru pertama kali kami ini menerima Tim KKN dari IAIN Parepare," tutupnya.


Yasir selaku BABINKANTIBMAS juga berharap dengan adanya kegiatan ini, semoga anak-anak tetap semangat dalam belajar dan menghafal. Sehingga bisa menjadi generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan dalam ilmu pengetahuan agama dan bisa menjadi kebanggaan orang tua. 
"Saya harap semoga tetap semangat dalam belajar dan menghafal sehingga bisa menjadi generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan dalam ilmu pengetahuan agama, dan bisa menjadi kebanggaan orang tua," tuturnya. (Fzs/Srh)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 11 April, 2023