Menag Lantik Kepala Biro AUAK IAIN Parepare, Siapa Dia? Berikut Profilnya

5 Oktober, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Menag Lantik Kepala Biro AUAK IAIN Parepare, Siapa Dia? Berikut Profilnya

Humas IAIN Parepare — Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas melantik sejumlah pejabat pimpinan tinggi Kementerian Agama RI. Salah satu di antaranya, Kepala Biro AUAK IAIN Parepare. Pos eselon dua yang selama ini dijabat Pelaksana Tugas secara resmi diduduki oleh Dr. H. Muhdin Bedong, M. Pd.I.

Informasi pelantikan H. Muhdin Bedong beredar luas di kalangan civitas academica IAIN Parepare, setelah Kepala LP2M Muh. Ali Rusdi membagi berita pelantikan tersebut via grup WhatsApp IAIN Unggul.

Hari ini, Rabu (05/10/2022), humas memposting flyer ucapan selamat datang dari Rektor kepada Kepala Biro AUAK yang baru dan direspons suka cita civitas kampus yang lain.

Tentu saja banyak yang bertanya-tanya, siapa sosok H. Muhdin Bedong ini? Bagi keluarga besar Kementerian Agama RI, sosok H. Muhdin Bedong bukan orang asing.

Dia merupakan pejabat karier dan pamong senior yang telah menduduki sejumlah jabatan penting dalam Kementerian Agama RI. Sebelum dilantik Menteri Agama sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Parepare, H. Muhdin Bedong adalah pejabat Kepala Biro AUAK IAIN Palopo dengan masa jabatan 2018-2022.

Pada tahun 2014 hingga 2018, pria kelahiran Batetanga, Polewali, Sulawesi Barat ini menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Barat.

Akun Facebook Pesantren Ar Risalah yang merilis flyer ucapan selamat hari ini menyebutkan, H. Muhdin Bedong sebagai pembina Yayasan Pondok Pesantren Ar Risalah Batetangnga yang terletak Desa Batetangnga, Kabupaten Polman, Sulawesi Barat. Jika merujuk jabatan dan pengabdiannya, sosok H. Muhdin Bedong merupakan sosok pemimpin yang berpengalaman.

Dari penelusuran, tim menemukan informasi, H. Muhdin Bedong adalah anak ketiga dari delapan bersaudara dari pasangan alm. H. Bedong dan Hj. Harisah. Pria kelahiran 31 Desember 1969 berasal dari keluarga yang bersahaja, sederhana dan religius. Meskipun tinggal di desa, keluarga ini tergolong cinta pendidikan. Hal ini terbukti, H. Muhdin Bedong bersaudara berhasil meraih gelar doktor dan mengabdi pada dunia pendidikan.

Mantan Kakanwil Kemenag Sulbar ini meraih gelar doktor pada bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Islam program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Gelar doktor ini diraih pada tahun 2019 dengan disertasi “Manajemen Pondok Salafiyah dan Khalafiyah, Studi Komparasi Standar Kurikulum Pesantren Salafiyah Siparappe dan Pesantren Al Ihsan Kanang”.

Pelantikan H. Muhdin Bedong sebagai Kepala Biro AUAK disambut hangat civitas kampus.

“Selamat dan berkah serta sukses atas pelantikan bapak Dr. H. Muhdin, S. Ag., M. Pd. I.,” tulis Dekan FUAD, Andi Nurkidam via WhatsApp.

Demikian halnya respons Dr. Ramli, Dr. Rahmawati, Dr. Andi Bahri, Dr. Herdah dan sejumlah pejabat lainnya menyampaikan sambutan hangat. Tak terkecuali Rektor IAIN Parepare yang membagi ucapan selamat melalui akun facebooknya. (Shm/Mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 5 Oktober, 2022