Meningkatkan Pengembangan Wisata Kelurahan Sarira, Mahasiswa KKNMB Posko 4 Observasi Langsung

18 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Hari Kedua, Posko 4 Kuliah Kerja Nyata Nusantar Moderasi Beragama (KKNNMB) melaksanakankunjungan observasi langsung ke tiga objek wisata utama di Kelurahan Sarira, yaitu Buntu Sarira, mata air Tilanga, dan tempat Pemakaman Mayat atau Lemo, Sabtu (15/07/2023).

Walaupun terbilang objek wisata baru dan dalam tahap pembangunan, mereka secara teliti mengamati kondisi lingkungan, fasilitas yang ada, serta mengumpulkan data mengenai jumlah wisatawan yang berkunjung, fasilitas yang tersedia hingga kondisi kebersihan lingkungan. Buntu Sarira  merupakan destinasi wisata alam dengan pemandangan tebing dan bebatuan yang menakjubkan.

Mereka juga melakukan observasi di Mata Air Tilanga, salah satu bagian dari objek II wisata Buntu Sarira dengan kolam pemandian yang  jernih, bersih  serta didukung dengan keadaaan alam yang masih terjaga dan asri. KKN Moderasi Beragama Nusantara ikut mengunjungi ikon wisata Sulawesi Selatan, yaitu Pemakaman Mayat atau Lemo, tempat yang memiliki nilai spiritual dan religius dalam kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan.



Dalam observasi ini, anggota KKN berinteraksi dengan wisatawan yang berkunjung dan melakukan wawancara untuk mengetahui pendapat mereka tentang daya tarik objek wisata ini. Selain itu, mereka juga mencatat adanya potensi pengembangan yang bisa dilakukan, seperti meningkatkan fasilitas, pengenalan informasi sejarah yang lebih baik. 


“Kami berharap kunjungan observasi kami hari ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang potensi wisata di Kelurahan Sarira. Dengan informasi yang kami peroleh, kami dapat merencanakan upaya pengembangan yang tepat untuk meningkatkan objek wisata ini yang pada gilirannya diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat,” ujar Mutiara, Kordinator Desa KKNMB.


Kerja sama antara mahasiswa KKN Moderasi Beragama , pemerintah, dan masyarakat setempat, objek wisata di Kelurahan Sarira dapat mengalami peningkatan yang signifikan, menarik lebih banyak wisatawan, dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat sekitar. (Tim KKN, fzs/mif)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 18 Juli, 2023