Meningkatnya Kebutuhan IELTS, UPT Bahasa IAIN Parepare Ajukan Rencana Kerjasama ke Pihak British Council

15 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare---- International English Language Testing System (IELTS) merupakan salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh 3 lembaga bertaraf internasional yaitu Cambridge University, British Council, dan IDP Education Australia. Berbeda dengan TOEFL ITP, IELTS merupakan tes yang menguji 4 kemampuan dalam bahasa yaitu Listening, Reading, Speaking, Writing. Tes kemampuan berbahasa Inggris ini juga sangat menjadi buruan Dosen, Masyarakat Umum, hingga para Alumni yang bermaksud melanjutkan pendidikan di luar negeri. 

Melihat peluang besar menjadi salah satu penyelenggara IELTS di Sulawesi, UPT Bahasa IAIN Parepare berencana mengajukan diri sebagai pelaksana IELTS ke pihak British Council Jakarta, sebagai perwakilan pelaksana tes IELTS di Indonesia. Langkah awal yang akan diambil UPT Bahasa dengan mengajukan pengadaan 1 paket laboratorium bahasa yang kompetibel memenuhi untuk standar pelaksanaan CBT IELTS. 

Pada hari Rabu 15/2/2023, Tim UPT Bahasa, Ketua Internasional Office, dan Tim Perencana mengadakan zoom meeting bersama pihak British Council Jakarta guna membahas bagaimana mekanisme dari kerja sama serta spesifikasi laboratorium yang dibutuhkan untuk menjadi salah satu pelaksana IELTS.

Kegiatan zoom ini dibuka oleh Hj. Nurhamda, M. Pd. Kepala UPT. Bahasa IAIN Parepare Hj, dengan menyampaikan bahwa UPT Bahasa IAIN Parepare telah menjadi salah satu penyelenggara TOEFL ITP, dan sekarang ini berencana untuk menjadi salah satu penyelenggara IELTS.
 
“Pada tahun 2022 UPT. Bahasa IAIN Parepare telah memberikan pelatihan IELTS kepada mahasiswa dan alumni IAIN Parepare, untuk meningkatkan kemampuan bidang bahasa serta memberikan peluang besar untuk studi lanjut luar negeri. Saya merasa sangat menyayangkan jika tindak lanjut dari kegiatan tersebut hanya pada pelatihan, tanpa memberikan peluang untuk melakukan Tes IELTS di kampus”. Tutur Hj. Nurhamda

Ibu Qurratul Uyun sebagai Perwakilan British Council Jakarta menyambut baik keinginan UPT. Bahasa IAIN Parepare untuk menjadi salah satu pelaksana IELTS, karena selama ini penyelenggara IELTS di Sulawesi hanya dilaksanakan oleh Golden Gate Makassar dan Golden Gate Manado.

Melalui zoom meeting ini Perwakilan British Council menjelaskan jenis Test IELTS, terbagi menjadi Paper Based Test dan Computer Based test. Pada pertemuan daring ini, Ibu Qurratul Uyun sebagai perwakilan British Council juga menawarkan UPT. Bahasa untuk menjadi Registration Center Partnership Program terlebih dahulu, sebelum menjadi partner testing point dengan berbagai syarat dan ketentuan yang ada. “Kami menunggu kabar baik kelanjutan kerja sama UPT Bahasa IAIN Parepare bersama British Council”, Tutup Qurratul pada akhir meeting. (Aw/Sr/Tin).






di dalam Berita
Hayana 15 Februari, 2023