Menjadi Agen Moderasi Beragama, Posko Lima KKNNMB Bakti Sosial di Gereja Uluway

26 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Mahasiswa KKN Nusantara Moderasi Beragama  Posko Lima Lembang Uluway turut berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial di Gereja Toraja Jemaat Uluway, Senin (24/07/2023). Bakti sosial ini dilakukan guna melanjutkan pembagunan rumah untuk tempat tinggal pastor (Pendeta Gereja) dan ruang tata usaha gereja. Dalam pembangunan ini, masyarakat saling bekerja sama tanpa memandang latar belakang agama. Hal ini tampak pada partisipasi masyarakat muslim yang membantu pembangunan rumah pastor tersebut.


Peran mahasiswa KKN Nusantara sebagai representasi agen moderasi beragama Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) memberikan dampak signifikan dalam merawat keberagaman masyarakat di Lembang Uluway. Sikap dan cara pandang (perspektif) moderat yang diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari menjadi ruh dalam mengampanyekan nilai moderasi beragama. Di antara nilai-nilai tersebut adalah adil dan seimbang, kerja sama, rahmat, toleran, dan maslahat. 


"Posko lima KKN Nusantara Moderasi Beragama berkomitmen untuk menjadi man of action, bukan hanya man of discourse. Hal ini karena moderasi beragama tidak cukup hanya diwacanakan atau disosialisasikan, tetapi harus dipraktikkan living values religious moderation," uja​r Koordinator Humas Posko Lima Fajar Dwi. Di samping itu, kesuksesan moderasi beragama juga tidak bisa dilakukan sendiri, namun harus dilakukan secara bersama-sama. Oleh karena itu, membangun harmoni dan kerja sama antar umat beragama adalah urgensi dalam mewujudkan kehidupan yang harmonis dan damai. (Tim KKN, fzs/mif)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 26 Juli, 2023