Monev MBKM, Komitmen Wujudkan Kualitas Pembelajaran di Instansi Pemerintahan dan Swasta

3 Desember, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare- Lembaga Penjaminan Mutu di bawah Pusat Kurikulum dan SDM melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini dilaksanakan mulai, Selasa-Selasa (14-28/11/2023).

Monev tersebut dilaksanakan di 27 lokasi pada Wilayah Sulawesi Selatan dan 1 lokasi di luar negeri dengan skema monev secara offline dan online. Monev online sendiri diperuntukkan untuk mahasiswa yang melaksanakan MBKM di York College University New York, Amerika Serikat.

Ketua LPM Muhammad Qadaruddin mengatakan proses monev MBKM merupakan langkah untuk mengevaluasi proses pelaksanaan MBKM. Ini dapat menjadi masukan institusi agar ke depannya semakin baik.

 "Harapannya hasil monev MBKM dijadikan sebagai suatu pijakan untuk terus memperbaiki kualitas pelaksanaan dan memastikan bahwa mahasiswa mengimplementasikan ilmu dan mendapatkan pengalaman kerja," ungkap Muhammad Qadaruddin.

Nurleli, Kepala Pusat Kurikulum dan SDM LPM mengatakan, kegiatan monev  MBKM semester ganjil TA 2023/2024 kali ini, dilaksanakan dengan melibatkan langsung pimpinan fakultas dengan tujuan masing-masing fakultas bisa mengetahui langsung kompetensi kerja yang dibutuhkan oleh masing-masing instansi pemerintah dan swasta.

"Masukan berbagai mitra tentang pelaksanaan MBKM magang, asistensi mengajar, dan studi independen menjadi suatu upaya bagi panitia pelaksana untuk terus memperbaiki kualitas pelaksanaan MBKM utamanya dalam hal pembelajaran dan pengalaman," ungkapnya.

Hasil monev MBKM pada mahasiswa yang menempuh studi selama satu semester di York College University New York menjadi suatu peluang bagi IAIN Parepare untuk bisa meniru komitmen dosen mempersiapkan perangkat pembelajaran (materi, media, quis ataupun tes) pada setiap pertemuan dan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). 

Informasi tersebut didapatkan ketika Kapus Pengembangan Kurikulum dan SDM menggali informasi tentang sistem pembelajaran yang diterapkan pada universitas tersebut. 

Untuk diketahui, tim monev yang ditugaskan melaksanakan monev adalah para Dekan, Wakil Dekan I, Tim LPM, dan panitia pelaksana. Tim tersebut melaksanakan evaluasi berdasarkan instrumen masing-masing kegiatan MBKM dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana (mhy/mif). 



di dalam Berita
mahyuddin 3 Desember, 2023