Pengenalan Edlink dan Siakad, CPNS Baru Fuad Siap Optimalkan Pembelajaran Virtual

17 Februari, 2021 oleh
webadmin1

Pengenalan Edlink dan Siakad, CPNS Baru Fuad Siap Optimalkan Pembelajaran Virtual
IAIN Parepare— Kegiatan pengenalan Edlink dan Siakad Cloud Sevima dalam rangka mendukung pembelajaran virtual dilaksanakan di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (Fuad), Rabu (17/02).

Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiasi dari wakil Dekan I bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Kerjasama Fuad, Dr Iskandar.

“Kegiatan ini adalah pelatihan dan pengenalan siakad dan edlink bagi dosen CPNS dalam lingkup Fuad. Tujuannya agar para CPNS nantinya dalam proses belajar mengajar tidak mengalami kendala, mengingat bahwa untuk semester genap 2020/2021 ini para dosen CPNS Fuad telah mengampu mata kuliah sehingga ini sangat penting untuk diketahui dan dipraktekkan cara menggunakan Siakad dan edlink,” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti 13 orang CPNS dengan membahas berbagai subtopik di antaranya login ke Edlink dan SIAKAD, updating biodata dosen, pengenalan dashboard edlink,
pengelolaan kelas akademik, bimbingan teknis pengelolaan mata kuliah pada siakad cloud, teknis input kontrak kuliah, teknis unggah RPS dan SAP, teknis input data perkuliahan tiap pertemuan, teknis melakukan presensi/kehadiran mahasiswa dan
teknis input nilai akhir mahasiswa.

Muhammad Haramain selaku pemateri mengaku melihat antusias dari para peserta.

“Antusias dan cukup produktif di kegiatan kami karena para bapak ibu sudah mampu lebih mengakselerasi, memberdayakan model e-learningnya lewat sisfo dan Edlink. Ke depan, saya yakin pengembangan model e-learning baik berupa media audio visual yang akan disisipkan di e-learning khususnya di Fuad Insyaa Allah akan diperkaya lagi,” tuturnya.

Haramain optimis pengembangan pembelajaran e-learning akan lebih supportif dan lebih optimal mengingat beberapa dari peserta berasal dari berbagai alumni perguruan tinggi temasuk dari luar negeri seperti Jepang.

Salah satu peserta, Fifi Elvira mengungkapkan kegiatan ini sangat bermanfaat.
“Sangat bermanfaat bagi kami yang masih baru. Terutama aplikasi yang digunakan lebih bagus krn kita tidak menggunakan banyak tools dan Lebih efektif penggunaannya (edlink). Dari absensi, draft RPS, nilai dan lainnya bisa diinput di satu sistem yang kemudian bisa di koneksikan dengan sisfo,” jelasnya.

di dalam Berita
webadmin1 17 Februari, 2021