Penguatan Literasi Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah melalui Kegiatan Melodi

2 November, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare- Himpunan Mahasiswa (Hima) Prodi Ekonomi Syariah menggelar kegiatan pelatihan penulisan opini layak terbit di media dengan membentuk mentoring penulisan opini di media (Melodi).


Kegiatan ini khusus mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah yang tertarik dengan dunia literasi. Kegiatan Melodi ini dibina langsung oleh A. Rio Makkulau Wahyu, M.E sebagai penggagas dibentuknya Melodi ini.

Kegiatan Melodi ini juga sebagai bentuk tugas Aktualiasasi Peserta CPNS dengan mengangkat isu rendahnya minat mahasiswa dalam dunia literasi, baik penulisan ilmiah maupun penulisan popular di media massa. Hal ini dilihat dari kurangnya publikasi mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah di media massa. Dengan diselenggarakannya kegiatan Melodi ini, maka diharapkan minat mahasiswa untuk menulis di media semakin meningkat.

Kegiatan mentoring penulisan opini di media dilaksanakan dengan dua model bimbingan, yakni model offline di kelas dan model online melalui virtual zoom. Kegiatan ini berlangsung dua pekan, Jumat-Jumat (22-5/10-11/2021) nantinya. Tepat, 30 Oktober 2021 kemarin diadakan bincang opini virtual yang menghadirkan dua narasumber.

Narasumber pertama, Syarifuddin, M.E (Akademisi, Penulis Nasional, Dosen UIN Alauddin Makassar). Ia menyampaikan materi Menulis Opini dengan Mengangkat Isu Aktual yang Terjadi dengan Tema Terkini dengan Mengedepankan Solution Statement.

Narasumber kedua, Luki Amima, S.Sy (Praktisi media/Reporter Sulsel Ekspres). Ia menyampaikan materi Menjadi Jurnalis merupakan Panggilan Sosial, Panggilan Jiwa/Hati untuk Memberikan Informasi Aktual dan Terpercaya.


Narasumber membagikan ilmunya seputar cara penulisan opini di media, mengangkat objek opini seperti apa, statement rubrik opini yang terbaru, penggunaan bahasa dalam menulis opini, isu aktual/tren yang diangkat dalam opini, cara meliput berita seperti apa, fashion jurnalis seperti apa, dan beberapa materi terkait media massa.


Melalui kegiatan Melodi inilah sebagai wadah bagi mahasiswa dalam menggali dan mengembangkan bakat mereka dalam dunia literasi khususnya dalam menulis suatu karya. Sebagaimana tagline Melodi “Jika kalian ingin mengenal dunia, maka membacalah. Jika kalian ingin dikenal dunia, maka menulislah.”

“Adanya kegiatan melodi diharapkan sebagai wadah bagi mahasiswa dalam menggali bakat literasi mereka. Hal ini juga akan berdampak pada peningkatan penulisan karya ilmiah mahasiswa yang akan dipublish sebagai peningkatan nilai akreditasi program studi nantinya, melalui mentoring penulisan opini di media,” harap A. Rio Makkulau. (Ar/Mif)

di dalam Berita
webadmin1 2 November, 2021