Penguatan Soft Skill Melalui Pembekalan Mahasiswa PPL Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

1 November, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare-Kegiatan Mahasiswa siap kerja (Massipa) melalui penguatan soft skill peserta PPL Mahasiswa FEBI IAIN Parepare yang diusul oleh Rezki Fani, M.M. sebagai kegiatan Aktualiasasi Dosen CPNS tahun 2021 menghadirkan 4 narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Soft skill merupakan kemampuan berkomunikasi, kecerdasan sosial, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja. Kegiatan ini nantinya menunjukkan bagaimana mahasiswa dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain di dalam dunia kerja tempat mereka melaksanakan PPL.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PPL FEBI IAIN Parepare dengan jumlah 203 peserta dari masing-masing prodi lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (30/10/ 2021) di Balai Seni IAIN Parepare pukul 08.00-17.00 WITA dibuka langsung oleh Dekan FEBI Dr. Muh. Kamal Zubair, M.Ag.


“Kegiatan ini sangat membantu dan dibutuhkan khususnya mahasiswa yang akan terjun di dunia lapangan kerja nantinya. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa peserta PPL dengan jumlah sekitar 200-an orang dibekali pengalaman dan ilmu untuk merasakan atmosfir dan cara berkomunikasi di dunia kerja tempat mereka PPL,” tutur Dekan FEBI.

Sementara itu, narasumber kegiatan tersebut terdiri atas 4 narasumber yang dibagi ke dalam 2 sesi kegiatan, untuk sesi pertama pukul 08.00-12.00 WITA dibawakan secara tandem oleh Inohadia Yohanryani, S.Tr.Par., CHRM. Beliau merupakan General manager Star Hotel Syariah dan Dosen Pengajar Vokasi Prodi Divisi Kamar Politeknik Pariwisata Makassar, bersama narasumber Abdul Haris, S. Ap., M. M. beliau merupakan Komisariat pada PT. Lintas Dua Saudara Consulting, Ketua Forum Komunikasi HR Sulawesi Selatan dan Direktur Eksekutif Apindo Kota Makassar, kemudian dilanjutkan oleh Ida Mulyani Said, M.M. beliau merupakan Komisariat PT. Lintas Dua Saudara Consulting, Ketua Forum Komunikasi HR Sulawesi Selatan, dan Direktur Eksekutif Apindo Kota Makassar.

Untuk sesi kedua dilanjutkan pukul 13.00-16.00 dengan narasumber Baso Alim Bahri, S. Psi., M. Adm. SDA. Beliau merupakan GM of HC & GA PT. Charoen Pokphand Eastren Indonesia, Makassar sekaligus sebagai Trainer Soft Skill dan Motivator.

Tujuan kegiatan ini untuk menguatkan soft skill peserta terkait self concept, komunikasi dan etika kerja kepada mahasiswa sebelum PPL di perusahaan.


“Secara pribadi sih, menjembatani kampus untuk bekerjasama dengan perusahaan atau industri supaya nantinya bisa dibuat career development center yang mampu mewadahi adik-adik mahasiswa terutama yang semester akhir agar siap menghadapi dunia kerja.” ungkap Rezki Fani. (ARio/Tin)

di dalam Berita
webadmin1 1 November, 2021