Perwakilan Sekolah se-Sulselbar Hadiri Sosialisasi PDSS di IAIN Parepare

24 Januari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar sosialisasi pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pelaksanaan Seleksi Prestasi Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2023 di Gedung Perpustakaan Lantai 4, Selasa (24/01/23). 


Peserta sosialisasi merupakan pewakilan pihak sekolah dari berbagai daerah. Mulai dari Kabupaten Pinrang, Sidrap, Barru, Soppeng, hingga Polman, Sulawesi Barat.

Rektor IAIN Parepare, Hannani dalam sambutannya mengatakan IAIN Parepare akan menyediakan sebanyak 2.500 kursi untuk para mahasiswa baru (Maba) Tahun 2023 melalui jalur SPAN PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, dan jalur Prestasi Khusus.

“Sosialisasi Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) ini selain bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para kepala sekolah (SMA/SMK/MA) yang akan memandu dan membantu para siswanya dalam mengikuti SPAN PTKIN, juga sebagai bentuk silaturuhmi dengan para kepala sekolah,” ungkap Hannani.

Pada sosialisasi itu juga, Wakil Rektor bidang Akademik Pengembangan Kelembagaan, H Saepudin menjelaskan bahwa sosialisasi ini penting untuk menghindari informasi yang keliru serta kesalahan dalam penginputan data siswa pada pengisian PDSS.

“Setiap sekolah diharapkan bisa mendaftarkan peserta didiknya untuk mengikuti penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPAN ini. Sekolah harus mengisi data-datanya dulu di PDSS dan pada kesempatan ini juga beberapa sekolah menanyakan beasiswa yang ditawarkan IAIN Parepare,” ucapnya.

Salah satu peserta sosialisasi, H Abdul Kadir dari SMKN 4 Soppeng mengaku bersyukur mengikuti kegiatan ini dan bisa melihat langsung Kampus IAIN Parepare.
“IAIN Parepare sungguh sangat luar biasa, apalagi tempat-tempat perkuliahannya, laboratoriumnya begitu luar biasa. Ke depan kami berharap, bagaimana siswa-siswi kami bisa diterima di kampus ini,” ucapnya. (Aeny/Alf)

di dalam Berita
Hayana 24 Januari, 2023