Posko 14 KKN Nusantara  Observasi di Lembang Rano Tengah

18 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Para peserta KKN Nusantara Moderasi Beragama 2023 yang tergabung di posko 14 melakukan kegiatan observasi di Lembang Rano Tengah, Kecamatan Rano, Kabupaten Tana Toraja. Ini dalam rangka memulai kegiatan KKN Nusantara Moderasi Beragama 2023 pada, Kamis(13/07/2023)

Kegiatan observasi ini memiliki banyak tujuan di antaranya:,mengenal karakter masyarakat setempat, mengetahui geografis wilayah, mencari tahu mata pencaharian warga sekitar, serta merancang program kerja yang cocok dilakukan untuk Lembang

Menurut Koordinator Desa Nurhana, mahasiswi IAIN Bone, mengatakan kegiatan observasi ini juga bisa menjadi ajang perkenalan antara peserta KKN Nusantara dengan masyarakat yang ada di Lembang Rano Tengah.


"Dengan diadakannya observasi ini kami dapat berkenalan langsung dengan warga setempat. Selain itu kami sangat merasakan kehangatan warga setempat saat menerima kedatangan kami dengan baik," ujar Nurhana.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Angga Murodatullah, mahasiswa UIN SMH Banten yang merasakan disambut dengan baik oleh warga Lembang Rano Tengah.

"Sambutan baik dari warga ini juga bisa menjadi pemicu bagi kami peserta KKN Nusantara untuk semangat menerapkan dan menjalankan program kerja yang cocok bagi masyarakat Lembang Rano Tengah," ungkap lelaki yang akrab disapa Angga ini.

Ada beberapa hal yang didapatkan oleh peserta posko 14 dalam observasi. Pertama, mereka setelah berbincang dengan beberapa warga setempat seperti, mayoritas mata pencaharian warga sekitar adalah petani cokelat, petani kopi, petani padi, serta peternak kerbau dan babi.

Selain itu, hasil dari observasi pertama para peserta mengetahui jika Lembang Rano Tengah mayoritas agama muslim sebanyak 60 persen serta Kristen sebanyak 40 persen. Di Lembang ini terdapat tiga tempat ibadah, dua masjid dan satu gereja. (Tim KKN, fzs/mif)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 18 Juli, 2023