Posko 18 Gali Potensi Wisata Buntu Kandora'

24 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama (NMB) posko 18 melakukan eksplorasi wisata alam ke salah satu lembang yang terletak di Kecamatan Mengkendek (Lembang Palipu'), Tana Toraja bersama Camat Mengkendek Aris Payangan dan beberapa pegawai kecamatan serta Kepala Lembang/Desa Palipu' Samuel Manukrante, Selasa (18/07/2023).


Observasi ini bertujuan untuk menggali potensi wilayah di Kecamatan Mengkendek kemudian di ekspos ke masyarakat luas. Lembang Palipu' yang mempunyai keindahan alam pegunungan dengan ketinggian 1250 mdpl di atas permukaan laut menjadi sasaran eksplore wisata mahasiswa posko 18.


Aris Payangan mengatakan Buntu Kandora’ berpotensi sebagai objek wisata di Tana Toraja, khususnya Kecamatan Mengkendek.




“Ke depannya Buntu kandora’ ini akan dijadikan objek wisata yang bisa dikenal dan dikunjungi masyarakat dari dalam maupun luar negeri karena memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan,” ucapnya.


Lebih lanjut ia menyampaikan harapan agar Buntu Kandora’ dapat eksis di masyarakat. “Kami berharap ke depan agar tempat ini menjadi salah satu ikon yang disukai semua orang,” harapnya.

Kepala Lembang/Desa Palipu' Samuel Manukrante turut menyampaikan bahwa gunung ini menyimpan sejarah kehidupan masyarakat Toraja.




“Buntu Kandora’ ini merupakan gunung tercantik di Tana Toraja dan menyimpan sejarah kehidupan nenek moyang kami. Harapan kami semoga ke depannya pemerintah desa, kabupaten, provinsi bahkan pusat menjadikannya salah satu destinasi wisata di Tana Toraja,” tutupnya. (Tim KKN, fzs/mif)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 24 Juli, 2023