Prodi PAI Gelar Pelatihan Publikasi Ilmiah, Ketua Prodi: Untuk Memantik Geliat Publikasi

25 September, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) menggelar pelatihan publikasi ilmiah dengan menghadirkan tiga orang narasumber yang pakar pada bidang Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan ini dilaksanakan di lantai 5 Gedung Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Parepare, Sabtu (23/9/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen tetap PAI dan mahasiswa semester akhir Prodi PAI. Menurut Ketua Prodi PAI Rustan Efendy, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memantik geliat publikasi di kalangan dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi bidang penelitian.

Adapun narasumber pakar yang hadir diantaranya, H. Muhammad Yusuf yang merupakan guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Muhammad Yaumi yang merupakan guru besar pada Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, dan  Muhammad Al Qadri Burga, dosen Universitas Islam Makassar.


Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan kegiatan yang dihadiri Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah Bahtiar, paparan materi oleh ketiga narasumber, dan reviu artikel-artikel yang siap terbit di jurnal nasional dan internasional.


Ketiga narasumber masing-masing memaparkan pengalaman mereka dalam menyusun strategi menerbitkan tulisan di jurnal terindeks scopus. Mereka juga membagikan tips dalam memilih jurnal dan penerbit tujuan agar tidak terjebak oleh jurnal predator. "Strategi ini penting, apalagi dalam pemiliahan jurnal yang sesuai. Jangan takut untuk ditolak. Scopus memang memiliki standar yang tinggi. Artinya tulisan yang lolos juga berkualitas tinggi tentunya," ungkap  Muhammad Yusuf.

Kegiatan ini pun menuai harapan dari ketua prodi sebagai penyelenggara kegiatan. "Dengan menghadirakan guru-guru besar pakar yang memiliki pengalaman penelitian dan publikasi ilmiah baik dalam nasional dan internasional ini, kami berharap kegiatan seperti ini dapat berkontribusi bagi pengembangan kompetensi dosen dan kemampuan mahasiswa prodi," tutur Rustan Efendy. (mm/mif)





di dalam Berita
muajizmuallim 25 September, 2023