Prodi PBA Gelar Daurah Al Arabiyah, Ketua Prodi: Berharap Mencetak Trainer Bahasa Arab

5 Oktober, 2023 oleh
srikartikaabidin

Humas IAIN Parepare—Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare menggelar Daurah Al Arabiyah. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Fakultas Tarbiyah, Jumat-Sabtu (29-30/09/2023) dan Minggu (01/10/2023).

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menggelar kegiatan ini dengan tujuan untuk menambah wawasan mahasiswa PBA serta melatih kemampuan mahasiswa PBA sebelum turun untuk kegiatan perkampungan bahasa di beberapa sekolah. Kegiatan ini mengusung tema “Meningkatkan Mahabbah Bahasa Arab dalam Bingkai Kebersamaan”.

Dalam kegiatan Daurah Arabiyah, peserta diberikan beberapa materi yang dibawakan oleh pemateri yang sudah ahli di bidangnya yakni, Muhammad Rusydi (Ushlub dalam Bahasa Arab yang Komunikatif), Kaharuddin Ramli (Keterampilan dalam Bahasa Arab), Herdah (Tantangan dan Prospek Kerja Pendidikan Bahasa Arab), Andi Arif Pamassengang (Cara Menjadi Instruktur yang Baik). Beberapa materi ini merujuk pada tujuan diselenggarakannya kegiatan ini sebagai bekal sebelum menjadi instruktur dalam kegiatan-kegiatan perkampungan bahasa Arab. Mahasiswa juga diberikan beberapa hafalan selama kegiatan dengan tujuan untuk menambah kosakata sehingga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab.


“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Rektor dan semua pihak yang mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa PBA sebagai calon tenaga pendidik yang unggul di masa yang akan datang. Melalui kegiatan ini mahasiswa dibekali dengan materi-materi kebahasaan dan teknik-teknik mengajar terapan yang disajikan dengan suasana pembelajaran aktif, inovatif, komunikatif, efektif dan menyenangkan oleh trainer yang luar biasa,” ujar Muhammad Irwan, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

Ia juga berharap agar kegiatan ini melahirkan trainer bahasa Arab untuk kegiatan selanjutnya. “Kegiatan ini diharapkan mencetak trainer bahasa Arab pada kegiatan-kegiatan bahasa arab di dalam maupun di luar kampus IAIN Parepare. Prodi PBA akan terus berupaya memberikan kegiatan yang berkesinambungan sebagai bentuk layanan kepada mahasiswa PBA,” harapnya.

“Semoga peserta yang telah mengikuti kegiatan ini bisa memanfaatkan dan mengimplementasikan apa saja yang telah didapat selama kegiatan Daurah Arabiyah dan juga terus mengembangkan potensi yang sudah dimiliki,” ungkap Muhammad Riswan Liling, Ketua HMPS PBA.

“Saya sangat bersyukur menjadi salah satu peserta TOT Daurah Arabiyah ini karena banyak sekali hal yang saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan ini. Selain itu, kami betul-betul dilatih untuk menjadi instruktur untuk kegiatan perkampungan bahasa Arab. Dan juga narasumber yang diundang juga merupakan orang-orang hebat sehingga saya sangat bersyukur bisa dibimbing langsung. Begitupun juga saya ucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana yang sudah menyukseskan kegiatan ini,” ujar salah satu peserta Alfina Fikra Frazilia. (ska/mif)


di dalam Berita
srikartikaabidin 5 Oktober, 2023