Prodi Tadris Matematika Gelar Workshop Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru Matematika

6 September, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare – Program Studi (Prodi) Tadris Matematika menggelar Workshop Penyusunan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Bagi Guru Matematika, Sabtu— Ahad (2—3/9/2023) di perpustakaan lantai 4 IAIN Parepare.

Kegiatan tersebut mengundang Tim Pengembang Kurikulum (TPK) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Asmar Achmad, S.Pd. sebagai f6asilitator Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Peserta berjumlah 45 orang yang terdiri dari Ketua-ketua MGMP Matematika SMP-SMA sederajat se-Kota Parepare, Guru-guru Matematika SMP-SMA sederajat se-Kota Parepare, beberapa guru dari Desa Siwa Kabupaten Wajo, dan alumni Tadris Matematika yang berprofesi sebagai guru matematika, serta mahasiswa Tadris Matematika.

Tujuan kegiatan adalah untuk 1) meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika melalui pengembangan modul ajar yang sesuai dengan Standar Kurukulum merdeka; 2)mem fasilitasi kelompok guru matematika  tingkat SD  sederajat, SMP sederajat dan SMA Sederajat dengan ahli dari TPK Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan;3) mensinergikan pemahaman dosen-dosen tentang IKM untuk mengembangkan perangkat-perangkat pembelajaran dalam kurikulum merdeka khususnya di bidang matematika; 4) pengembangan karier untuk para alumni, khususnya alumni yang menjadi guru untuk meningkatkan kualitasnya sebagai guru.


Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan kegiatan oleh Dr. Buhaerah, M.Pd selaku Ketua Prodi Tadris Matematika, penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Prodi Tadris Matematika dengan MGMP Matematika SMP-SMA se-Kota Parepare dan MGMP Matematika Nusantara. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh fasilitator dari TPK Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Selanjutnya, praktik mandiri para guru dalam pembuatan modul bahan ajar di penghujung kegiatan.

Buhaerah mengaku kegiatan ini sebagai langkah adaptasi Prodi Tadris Matematika terhadap perubahan Kurikulum serta pengembangan karier alumni dan mahasiswa tadris matematika. “Selain merespons update kurikulum yang ada, ini juga sebagai langkah nyata kami (Prodi Tadris Matematika) untuk tetap merangkul alumni kami,” tutur Ketua Prodi Tadris Matematika tersebut.

Selaku fasilitator, Asmar Achmad, menyambut inisiasi yang dilakukan Prodi Tadris Matematika. “Kami sangat mengapresiasi Tadris Matematika IAIN Parepare karena telah mengambil peran dalam menjembatani kebijakan-kebijakan terbaru mengenai kurikulum merdeka belajar dengan menghadirkan para guru matematika ditingkat SD, SMP, SMA sederajat. Para peserta juga terlihat sangat antusias dalam mengembangkan modul ajar, baik dari segi mendengarkan materi, diskusi dan menjalankan praktik penyusunan modul ajar. Kami harap kerja sama ini dapat tetap dilanjutkan dan ditindaklanjuti untuk kedepannya,” ungkapnya.

Sejalan dengan hal tersebut, salah satu peserta perwakilan guru SMA Kota Parepare, Dr. Irham, M.Pd. mengungkapkan rasa syukurnya karena telah difasilitasi dalam kegiatan pengembangan modul ajar tersebut. “Alhadulillah, kegiatan seperti ini membuka mindset kami dalam mengembangkan kurikulum terbaru. Semoga bisa terus ditindaklanjuti, guna untuk memunculkan modul bahan ajar yang siap untuk digunakan ke peserta didik,” tuturnya. (mmTin)



di dalam Berita
muajizmuallim 6 September, 2023