Pusat Kurikulum dan Pengembangan SDM Gelar FGD Penyusunan RPS

13 Oktober, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare---Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) tentang penyusunan Rencana Pembelajaran Studi (RPS) Mata Kuliah Institut pada rumpun keilmuan mata kuliah Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Metodologi Agama, dan Sejarah Peradaban Islam.

Kegiatan ini di laksanakan di ruang asesmen lapangan LPM lantai 2, Rabu, 11 Oktober 2023. FGD ini juga di ikuti oleh segenap dosen mata kuliah institut serumpun.

Nurleli Ramli selaku Kepala Pusat Kurikulum pengembangan SDM LPM menjelaskan bahwa  mata kuliah yang ada di tingkat institut perlu memiliki RPS yang seragam. Penyusunan RPS tersebut bertujuan agar materi-materi pembelajaran untuk mata kuliah yang sama dari semua program studi itu memiliki capaian pembelajaran yang sama, sehingga nantinya mata kuliah yang diajarkan oleh para Dosen di satu program studi dengan program studi yang lain semua materi nya sama,” jelasnya.

Nurleli Ramli juga mengatakan bahwa tujuan utama dari pertemuan ini untuk menyatukan persepsi terkait dengan apa tujuan dari materi perkuliahan. “Setiap pertemuannya dan nantinya referensi-referensi apa yang akan digunakan dalam perkuliahan itu, sehingga nantinya semua referensi yang digunakan dalam proses perkuliahan semuanya sama," ujarnya.

Kegiatan FGD ini diakhiri dengan diskusi dan praktik penyusunan RPS sesuai format yang di sediakan. Adapun FGD yang telah dilaksanakan ini diharapkan dapat menghasilkan persamaan persepsi antardosen pengampu sehingga terjadi keseragaman dalam pembuatan RPS dengan masing-masing mata kuliah yang diampu oleh seluruh dosen. (Jihan/aen/Srh)

di dalam Berita
Nur Aeni K 13 Oktober, 2023