Pusat Publikasi LP2M Gelar Pendampingan Akreditasi Jurnal

7 November, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare- Dalam rangka percepatan akreditasi jurnal baru, Pusat Publikasi dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare menggelar Pendampingan Akreditasi Jurnal di Lantai 4 Gedung Perpustakaan, Senin (06/11/2023).

Kegiatan ini dibuka Rektor IAIN Parepare Hannani. Kegiatan yang dimulai pukul 11.00 WITA ini diikuti oleh pengelola jurnal di lingkup IAIN Parepare. Hadir sebagai pemateri Subdit Jurnal Ilmiah dan HKI Kemendikbudristek RI Yoga Dwi Arianda, dan Direktur Publication Manajement Centre Universitas Hasanuddin M. Arsyad.

Ketua LP2M M. Ali Rusdi menjelaskan bahwa target dari kegiatan ini  26 jurnal baru yang dibentuk sejak 2022 dapat segera terakreditasi. “Jurnal- jurnal ini memiliki potensi yang luar biasa dan perlu diupayakan akreditasinya mengingat jurnal ini sudah memenuhi persyaratan minimum,” jelasnya.

“Kita berharap sekali mudah-mudahan 26 jurnal baru ini tahun depan sudah bisa terakreditasi,” harap Hannani, saat memberikan sambutan pada kegiatan pendampingan akreditasi ini.

Ia berharap narasumber bisa memotivasi kepada pengelola pengelola jurnal untuk semakin bersemangat dan memberikan strategi bagi pengelola jurnal dalam meningkatkan kualitas tata kelola menuju jurnal yang mampu terakreditasi.

Seperti diketahui, jurnal memiliki fungsi dan peran yang sangat penting bagi publikasi akademisi sekaligus peningkatan kualitas perguruan tinggi. Oleh karena itu, pengelolaan dengan baik menjadi sangat penting, apalagi kualitas jurnal diakui oleh publik melalui peringkat akreditasi dan indeksasi. (aen/mif)


di dalam Berita
Nur Aeni K 7 November, 2023