PWN PTK XV 2021 Dilaksanakan dengan Blended Camp

12 November, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare- Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XV yang diselenggarakan di Jakabaring Sport City selama sepekan ini resmi dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (11/11/2021) di Dining Hall Jakabaring Sport City. Kegiatan yang dilaksanakan pukul 14.00 ini sangat khidmat dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan yang menjadi aturan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.


“Kegiatan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini menjadi momentum untuk menguatkan nilai-nilai kebangsaan dan ke-Indonesiaan di tengah keberagamaan bangsa. Walaupun di tengah pandemi covid 19 yang masih melanda, keinginan untuk saling menyapa bersalam ria dan berbagi karya sangatlah kuat wajah-wajah rindu yang membuncah berbalut kain cokelat muda dan cokelat tua dan lilitan setengah leher merah putih menjadi saksi untuk berdedikasi bagi NKRI,” ungkap Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani.

“Peserta menjejak dan melangkahi jarak panjang dari Sabang sampai Merauke dengan satu tekad di dada untuk menyamai kebersamaan pada PWN PTK XV yang mengusung tema Konsistensi dalam Moderasi Beragama Berkarya untuk Bangsa,” lanjut Dirjen Pendis.


Kegiatan PWN PTK XV Tahun 2021 dilaksanakan, Selasa-Minggu (09-14/11/2021). Peserta kegiatan PWN diikuti oleh peserta 1176 orang dengan rincian peserta luring 440 orang, peserta daring 558 orang, pembina pendamping 116 orang, dan pimpinan kontingen 58 orang. Kegiatan PWN PTK XV ini dilaksanakan dengan system blended camp, yaitu kegiatan yang dilaksankan dengan perpaduan kegiatan daring dan luring.

Salah satu mahasiswi IAIN Parepare Hasmira yang turut ikut dalam kegiatan ini mengaku senang.

“Sangat senang karena akhirnya kami bisa mengikuti kegiatan pramuka yang besar selama pandemi ini dan semoga di tahun selanjutnya kegiatan PWN ini bisa d laksanakan secara outrdor dan sistem berkemah,” kata Hasmira.



Kegiatan ini dilaksanakan berupa pengembangan wawasan pelatihan dan bakti pramuka ke masyarakat. Peserta PWN PTK XV melakukan penanaman pohon, pembuatan biopori, tabur benih ikan dan vaksinasi masyarakat untuk 5000 masyarakat dan mahasiswa dilanjutkan dengan distribusi donasi buku perpustakaan. Kegiatan ini juga mendapatkan Rekor Dunia 25000 pantun moderasi beragama yang akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia.

Turut hadir pada kegiatan ini Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Sekjen Kemenag dan segenap para Rektor PTKN se-Indonesia. (Ning/Mif)

di dalam Berita
webadmin1 12 November, 2021