Rapat Akademik Fakultas Tarbiyah, Tingkatkan Standar Proses Perkuliahan

24 Februari, 2021 oleh
webadmin1

IAIN Parepare— Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare menggelar rapat akademik semester genap tahun akademik 2020-2021, Rabu (24/2/2021).

Rapat akademik dilaksanakan secara daring/virtual, dikarenakan segala pelaksanaan kegiatan akademik masih dilakukan secara daring demi mencegah penyebaran Covid-19.


Rapat akademik dibuka oleh Dekan Faktar H. Saepudin, didampingi oleh Wakil Dekan I Muh. Dahlan, Wakil Dekan II Muh. Akib, Kabag Tata Usaha Faktar Syarifuddin, Kasubbag AKA Amiruddin.

Dalam sambutannya, H. Saepudin selaku Dekan Faktar menyampaikan tujuan dari pelaksanaan rapat akademik ini agar mendengarkan masukan dan saran dari para dosen untuk meningkatkan mutu akademik pada Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare.

“Rapat akademik merupakan kegiatan rutin fakultas guna sebagai wadah untuk saling berkomunikasi, mengevaluasi kegiatan akademik semester sebelumnya, merencanakan perbaikan untuk peningkatan standar proses perkuliahan,” jelasnya.

Dalam Rapat akademik Fakultas Tarbiyah H. Saepudin menyampaikan masa kerja semester genap diantaranya masa kuliah semester genap mulai 08 Maret 2021 – 30 Juli 2021 penginputan nilai 5 Juli 2021 – 06 Agustus 2021, dan perubahan nilai berkasus 09 – 11 Agustus 2021.

H. Saepudin juga menyampaikan beberapa hal guna perbaikan standar proses diantaranya instrumen perangkat pembelajaran perlu dilengkapi, proses pembelajaran daring yang perlu dimaksimalkan agar mencangkup karakteristik proses pembelajaran, perlunya evaluasi berbasi tugas proyek agar tidak terlambat dalam penginputan nilai, memaksimalkan peran dosen PA dalam memberikan pertimbangan dan petunjuk kepada mahasiswa, dan memaksimalkan kegiatan pendukung akreditasi.

Dalam rapat tersebut, terdapat sejumlah masukan terkait dengan peningkatan mutu akademik fakultas. Hal yang menjadi perhatian adalah terkait dengan pendistribusian mata kuliah yang harus sesuai dengan keilmuan dosen, dosen diberikan hak akses untuk penginputan nilai berkasus, perlunya sosialisasi kurikulum prodi kepada dosen dan pembentukan koordinator/penanggungjawab mata kuliah untuk penyusunan RPS dan Silabus.

Masukan tersebut direspon baik oleh jajaran pimpinan yang ada di Faktar, sehingga dibutuhkan kerja sama dalam mewujudkan segala masukan yang dibahas pada rapat akademik tersebut. (aras/mif)

di dalam Berita
webadmin1 24 Februari, 2021