Rapat Koordinasi Pengurus Ma’had Al-Jami’ah Bersama Rektor, Warek 1 dan Warek 3

25 April, 2024 oleh
rahmawatiar

Humas IAIN Parepare -- Pengurus Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare melaksanakan rapat koordinasi bersama dengan Rektor IAIN Parepare, Prof Dr Hannani, Wakil Rektor 1, Dr H Saepudin dan Wakil Rektor 3, Dr M Ali Rusdi, Selasa 23 April 2024. Kegiatan tersebut  berlangsung secara online melalui zoom. 


Rapat koordinasi ini membahas tentang kegiatan di Ma’had Al-Jami’ah yaitu Takhassus dan Pembelajaran Baca Al-Qur’an bagi Mahasiswa Baru nantinya. Dalam rapat ini Rektor IAIN Parepare, Hannani menyampaikan beberapa hal yaitu:

1. Kegiatan yang ada di Ma’had Al-Jami’ah harus dimaksimalkan.

2. Mahasantri program Takhassus reguler diharapkan meningkatkan kualitasnya agar lebih terakselerasi.

3. Mahasantri program Takhassus Asrama agar terus belajar dan latihan supaya kemampuan baca kitabnya berkualitas.

4. Mahasiswa yang sudah dikategorikan kurang dalam bacaan Alquran wajib di Asramakan selama 1 bulan penuh dan pembelajaran bacaan Alquran nantinya lebih di intensifkan.

5. Mahasiswa yang sudah kulus jalur SPAN kalau bisa sudah bisa di tes Placemen Tes Bacaan Alqurannya.

6. Penguji Placemen tes dipilih dari kalangan dosen yang betul-betul mau dan harus serius dalam melaksanakan tes baca Alquran nantinya.

7. Penanggung Jawab Program Takhassus diserahkan kepada Bapak Dr. Kaharuddin, M.Pd. dan Aksa Muhammad Nawawi, Lc., M.Hum. dan 1 orang Admin yang mendampingi mereka untuk melaksanakan program Takhassus nantinya.

8. Ma’had juga nanti berkolaborasi dengan LPM agar menjadikan program kegiatan Ma’had bisa direkognisi dan dimaksimalkan.

Selain Rektor IAIN Parepare, Wakil Rektor 3 juga menyampaikan beberapa hal terkait Tes Baca Al-Qur’an atau Placemen tes baca Al-Qur’an yang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru IAIN Parepare nantinya bahwa, “Pelaksanaan Placeman Tes Baca Al-Qur’an dilaksanakan setelah kegiatan PBAK selesai dan wajib diikuti seluruh mahasiswa baru tanpa terkecuali dan dari hasil ujian placemen tes nanti baru kita kategorikan mahasiswa-mahasiswa yang betul-betul butuh pembinaan dan pembelajaan yang lebih intensif, serta mahasiswa-mahasiswa tersebut diwajibkan tinggal di asrama untuk mendapatkan pembelajaran yang intensive.”


Dalam rapat koordinasi ini Kepala Ma’had Al-Jami’ah, Budiman Sulaeman menyampaikan terima kasihnya kepada Bapak Rektor, Wakil Rektor 1, dan Wakil Rektor 3 serta Pengurus Ma’had Al-Jami’ah yang sudah ikut hadir dalam rapat ini.


Kepala Ma’had Al-Jami’ah juga berterima kasih atas arahan dan masukan dari Bapak Rektor dan Bapak wakil Rektor IAIN Parepare karena ini bisa menjadi acuan Ma’had kedepannya dalam melaksanakan kegiatan yang ada di Ma’had Al-Jami’ah. "Aarahan Bapak Rektor dan Wakil Rektor IAIN Parepare akan kami laksanakan dan Insya Allah kegiatan Gerakan Pembelajaran Baca Alquran/Pembinaan Baca Alquran Gelombang Pertama akan dilaksanakan mulai 1 – 31 Mei 2024 serta kegiatan Placement Tes Baca Al-Qur’an akan dilaksanakan setelah kegiatan PBAK nantinya," tutup Budiman. (rhm/alf)

di dalam Berita
rahmawatiar 25 April, 2024