Rapat Perdana Panitia SPAN-PTKIN, Ini Pesan Rektor Sambut Mahasiswa Baru Generasi Z

26 Januari, 2022 oleh
webadmin1

HUMAS IAIN Parepare — Tim panitia seleksi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan rapat perdana persiapan penjaringan calon mahasiswa, Kamis (27/01/22) di Gedung Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare.


Rapat ini merupakan tindak lanjut kampus setelah peluncuran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) yang merupakan pola seleksi nasional oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk seleksi mahasiswa baru.

Rektor IAIN Parepare Dr Ahmad Sultra Rustan, M.Si mengatakan, substansi dari pada pelaksanaan seleksi ini ialah bagaimana kampus menerima mahasiswa baru sebagai input keberlangsungan sebuah perguruan tinggi, namun diselenggarakan dalam satu sistem yang terpadu dan serentak oleh Panitia Nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Jalur SPAN-PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis, dan tanpa dipungut biaya pendaftaran.
Oleh karena itu, kata rektor, tugas panitia ialah memastikan bagaimana sekolah-sekolah umum maupun madrasah dan pesantren melakukan pendaftaran dengan memasifkan sosialisasi maupun informasi terhadap calon mahasiswa.

“Karena generasi Z yang kita sambut maka perlu memperhatikan kebutuhan-kebutuhan mereka seperti menyediakan spot foto, video pendek profil institusi dan program studi serta promosi pendaftaran di berbagai media sosial dengan mengirimkan informasi di grup-grup media sosial,” tambah rektor.

Generasi Z atau biasa disebut Gen Z sendiri merupakan generasi yang lahir di tahun 1995 hingga 2010. Sangat dipahami bahwa generasi ini memiliki sifat dan karakteristik yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, di mana teknologi digunakan sama alaminya layaknya mereka bernafas yang mampu memanfaatkan perubahan teknologi dalam kehidupan mereka, terutama media sosial.

Di akhir sambutan, rektor menitipkan pesan kepada tim panitia agar selalu berkoordinasi dan berdiskusi dalam proses rekrutmen mahasiswa demi kelancaran proses seleksi. Untuk diketahui, IAIN Parepare akan menerima mahasiswa sejumlah 1.715 orang dengan tiga skema seleksi yakni, jalur SPAN, UMPTKIN dan Jalur Mandiri. (mhy/alf)

di dalam Berita
webadmin1 26 Januari, 2022