Rapat Senat Terbuka, Rektor Kukuhkan 1.325 Mahasiswa Baru

29 Agustus, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare_Mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare tahun Akademik 2023/2024 resmi dikukuhkan dalam rapat senat terbuka yang digelar di gedung auditorium, Selasa (29/08/23). 

Rapat senat terbuka yang dihadiri oleh seluruh pimpinan, dosen, tendik, dan mahasiswa baru diawali dengan laporan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr.H. Saepudin, M.Pd. 

Saepudin menjelaskan bahwa pengukuhan mahasiswa baru diikuti oleh 1.325 mahasiswa. “Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Parepare tahun Akademik 2022-2023 melalui beberapa jalur penerimaan, yakni Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur mandiri.  Pada hari ini, seluruh mahasiswa baru akan dikukuhan secara resmi,” sebut wakil rektor I.

Sementara itu, Rektor IAIN Parepare, Dr. Hannani, M.Ag. saat memberikan sambutan mengucapkan selamat datang  di kampus IAIN Parepare kepada mahasiswa baru.


Hannani mengingatkan 7 modal awal yang perlu dimiliki mahasiswa sebelum memasuki masa perkuliahan. Pertama, mahasiswa perlu mengedepankan sifat religiusitas. "Sebagai muslim, praktikkanlah ibadah-ibadah dan karakter yang dimiliki oleh orang muslim. Jangan sampai ada mahasiswa  yang aktif organisasi, tapi lupa dengan ibadahnya," pesan Hannani. 

Kedu​a, rektor mengingatkan kepada mahasiswa baru untuk  senantiasa kreatif. "Semakin banyak tantangan dan masalah, maka diperlukan kreativitas mahasiswa untuk menghadapi hal tersebut," jelasnya. 

Keti​ga, Hannani mengingatkan  agar mahasiswa selalu memiliki tanggung jawab atas tindakan dan keputusan pribadi, serta dampaknya terhadap masyarakat. Keempat, ia menekankan agar mahasisawa memiliki kemampuan  komunikasi.
"Modal untuk menjadi komunikatif itu tentunya dengan banyak membaca, karena apa yang mau dikomunikasikan kalau tidak kuat membaca," tegas Hannani. 

Kelima, toleransi. Hannani menjelaskan bahwa  mahasiswa harus mampu menghormati perbedaan budaya, agama, dan bersikap terbuka terhadap keberagaman. Keenam, mahasiswa harus memiliki semangat kebangsaan dan cinta tanah air. 

Terakhir, menurut rektor hal yang harus dilakukan mahasiswa adalah  disiplin. "Yang paling penting bagi mahasiswa adalah menerapkan sikap disiplin. Ketika mahasiswa  bisa disiplin, maka  bisa selesai tepat waktu dan berprestasi," ungkapnya,

Rektor berharap para mahasiswa baru bisa menerapkan ketujuh karakter tersebut agar bisa berkualitas dan memiliki masa depan yang berintegritas.

Pengukuhan mahasiswa ini, juga ditandai dengan dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru. Kegiatan ditutup dengan orasi ilmiah oleh Gus Ulil Abshar Abdalla, Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Lakpesdam PBNU). 

Sebagai informasi, pengukuhan Mahasiswa Baru ini juga dirangkaikan dengan pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang dilaksanakan sejak 28 s.d. 31 Agustus 2023 (Aen/Tin)






di dalam Berita
Nur Aeni K 29 Agustus, 2023