Reviewer Puji Antusiasme Tinggi Peneliti, LP2M Siapkan Langkah Strategis Optimalisasi Penelitian

19 Oktober, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare---Antusiasme peneliti IAIN Parepare dalam seminar hasil penelitian tahun 2023 sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya judul penelitian yang diajukan dan kualitas penelitian yang semakin baik. Tanggapan ini sampaikan oleh Reviewer saat penutupan kegiatan Review Keluaran Penelitian 2023 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat (LP2M) IAIN Parepare, Rabu (18/10/2023).


Salah satu Reviewer yaitu Abdul Syatar menyampaikan bahwa LP2M harus melakukan beberapa langkah strategis untuk mengoptimalkan penelitian di IAIN Parepare. "LP2M melakukan pemantauan secara rutin untuk memastikan bahwa penelitian berjalan sesuai dengan rencana. Kemudian meningkatkan pendampingan kepada dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian. Hal terakhir adalah meningkatkan pelibatan mahasiswa dalam penelitian," jelasnya.

Abdul Syatar berharap LP2M melacak penelitian yang berpotensi untuk dipublikasikan pada Jurnal Internasional. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan visibilitas IAIN Parepare di dunia internasional. Syatar juga mengingatkan agar peneliti tidak mendaftar 2 kali pada klaster yang sama.

Sementara itu Fahmi Gunawan sebagai Reviewer berharap agar LP2M bisa dapat membuat bank data. "Adanya bank data penelitian di LP2M sangat penting, agar link tagihan lebih terdata. Tentu saja langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian dan visibilitas IAIN Parepare di dunia internasional, " ujarnya.


Fahmi Gunawan berharap kepada LP2M untuk meningkatkan kualitas penelitian di IAIN Parepare. Ia juga menyampaikan bahwa LP2M harus mampu melacak penelitian yang berpotensi untuk dipublikasikan pada Jurnal Internasional. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan visibilitas IAIN Parepare di dunia internasional.

Selain itu, Fahmi Gunawan juga berharap agar LP2M membangun bank data untuk menyimpan informasi penelitian, termasuk link tagihan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dosen dan peneliti dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Saya berharap langkah-langkah ini dapat meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di IAIN Parepare," ujar Fahmi.


Buhaerah, salah satu Reviewer Internal menyampaikan beberapa masukan untuk mengoptimalkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di IAIN Parepare. Pertama adalah perlunya klinik artikel ilmiah untuk masing-masing kategori jurnal. "Klinik ini akan memberikan bimbingan kepada dosen dan peneliti dalam menyusun artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal, mulai dari tahap penyusunan draft artikel, pemilihan jurnal, penyesuaian format penulisan, dan submit," ujarnya.

Buhaerah menambahkan perlunya waktu yang lebih lama antara seminar antara dan seminar hasil penelitian. Hal ini akan memberikan waktu yang lebih banyak bagi dosen dan peneliti untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan hasil penelitian. "Saya berharap agar masukan-masukan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi LP2M untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di IAIN Parepare," tutupnya.



Sementara itu Ketua LP2M, M. Ali Rusdi menyampaikan terima kasih atas masukan yang diberikan oleh Reviewer Seminar Hasil Penelitian Tahun 2023. Masukan-masukan tersebut akan menjadi bahan pembahasan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan perbaikan-perbaikan di dalam LP2M sendiri.

"Kami sangat mengapresiasi masukan-masukan dari Reviewer. Masukan-masukan tersebut sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan kualitas penelitian di IAIN Parepare," ujarnya.

M. Ali Rusdi juga menambahkan pentingnya melakukan monitoring peneliti dan mengingatkan tagihan-tagihan penelitian sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa penelitian berjalan sesuai dengan rencana dan anggaran.

"Kami akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penelitian yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa. Kami juga akan mengingatkan peneliti untuk mengajukan tagihan penelitian sesuai dengan kontrak yang telah disepakati," tutupnya. (fzs/Srh)





di dalam Berita
fikruzzamansaleh 19 Oktober, 2023