Riset Camp: Prodi Sejarah Peradaban Islam Lakukan Observasi di Situs  Sejarah

25 November, 2023 oleh
saidinhamzah

HUMAS IAIN PAREPARE__ Program Studi sejarah Peradaban Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Parepare melakukan kegiatan Riset Camp dengan tema " Sulawesi Selatan dari masa ke masa". Kegiatan tersebut dilaksanakan Jumat s.d. Ahad, (17-19/11/2023) 


Kegiatan Riset Camp diikuti oleh Muhammad Ismail (Ketua Prodi sejarah peradaban Islam), Ahmad Yani, Saidin Hamzah, Usman (dosen sekaligus pendamping) dan 30 mahasiswa Sejarah Peradaban Islam.


Muhammad Ismail menguraikan kegiatan Riset Camp ini bukan hanya sekadar seremonial dan kunjungan semata, tapi harus ada hasil dari  observasi dan riset yang dilakukan.

"Diharapkan nantinya kegiatan ini dapat menghasilkan  karya ilmiah atau buku. Kegiatan ini kami prioritaskan untuk mahasiswa  semester 7  dan berharap kegiatan seperti ini harus berkelanjutan, "paparnya.


Ahmad Yani selaku pendamping  menguraikan esensi kegiatan Riset Camp Program stuhPeradaban Islam 

"Peserta diharapkan dapat melakukan eksplorasi mendalam terhadap peristiwa dan tokoh-tokoh penting dalam bingkai sejarah lokal Sulawesi Selatan dari masa ke masa. Selain itu, semoga dapat menghasilkan kontribusi berharga dalam pemahaman lebih lanjut tentang aspek-aspek historis, arkeologi, keberagaman, dan peran Islam dalam perkembangan masyarakat lokal Bugis Makassa, "tuturnya.


Kegiatan Riset Camp ini dimulai dengan melakukan observasi di Benteng Somba Opu dan rumah-rumah adat serta museum Karaeng Pattingaloang. Kemudian kunjungan dan  observasi dilakukan di makam Syekh Yusuf, makam Sultan Hasanuddin Gowa, dan benteng Rotterdam ota Makassar. (shz/Tin)

di dalam Berita
saidinhamzah 25 November, 2023