Serah Terima Peserta KKN Nusantara, Wakil Bupati: Tana Toraja Miniatur NKRI

14 Juli, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN  Parepare – Penyerahan peserta KKN Nusantara oleh Rektor IAIN Parepare Dr. Hannani kepada Wakil Bupati Tana Toraja dr. Zadrak Tombeg. Kegiatan serah terima berlangsung di ruang pola Kantor Bupati Tana Toraja pada Rabu (13/7/2023). Peserta KKN Nusantara yang diserah terimakan merupakan peserta  gabungan Perguaruan Tinggi keagamaan sebanyak 52 perguruan tinggi dengan total peserta 324 mahasiswa dari UIN, IAIN, Institut Agama Kristen Negeri, Institut Agama Hindu Negeri, dan Universitas Hindu Negeri.


Rektor IAIN Parepare dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar mahasiswa dapat belajar moderasi beragama di Tana Toraja sesuai dengan misi pelaksanaan KKN. Menjalani dan mengalami hidup berdampingan dengan sesama pemeluk agama yang berbeda semoga memberikan nuansa dan menularkan kemampuan hidup harmonis berdampingan dalam perbedaan beragama.


Setelah menerima mahasiswa KKN Nusantara, Wakil Bupati Tana Toraja dr. Zadrak Tombeg mendeskripsikan tentang karakteristik masyarakat Toraja yang hidup   Berdampingan dengan damai dalam perbedaan agama, baik dalam struktur pemerintahan, kelompok masyarakat, hingga keluarga.

“Toraja ini salah satu miniatur NKRI. Kami di Toraja dibangunkan dengan suara azan disusul lagu rohani. Dalam struktur pemerintahan kami hidup dalam perbedaan tanpa gesekan, demikian pula dalam satu rumah terkadang diwarnai perbedaan agama. ada Kristen, Islam, dan Hindu atau penganut agama lokal Aluk Todolo. Karena andalan utama kami adalah pariwisata, semakin banyak orang yang datang semakin membawa berkah sehingga semua orang  Toraja terbiasa menerima tamu dari berbagai golongan," ungkap Zadrak. (nhk/mif)

 


di dalam Berita
Hayana 14 Juli, 2023