Sosialisasi Pedoman Penyelesaian Studi Berbasis Publikasi; Rektor, Akselerasi dan Efisiensi Publikasi Ilmiah

18 Mei, 2023 oleh
fikruzzamansaleh


Humas IAIN Parepare_ Panitia Tim Penyusun Pedoman Alternatif Tugas Akhir Mahasiswa menggelar Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Publikasi, Senin, (17/05/2023) via zoom meeting.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IAIN Parepare Hannani, Wakil Rektor III Muhammad Kamal Zubair, Ketua LP2M M. Ali Rusdi, dekan, wakil dekan, ketua program studi, dan sejumlah dosen di lingkup IAIN Parepare.

Rektor IAIN Parepare, Hannani dalam sambutannya, mengungkapkan penting mendorong penyelesaian studi mahasiswa melalui publikasi. Hal ini dalam rangka mendorong peningkatan publikasi ilmiah mahasiswa dan menyesuaikan standar pendidikan tinggi.

“Selesai tepat waktu, ditambah hadirnya sejumlah publikasi ilmiah sangat berkontribusi untuk kemajuan lembaga terutama dari sisi akreditasi, ”ungkapnya. 




Menurut rektor, program ini perlu dikawal agar dapat diimplementasikan tahun ini, sehingga publikasi mahasiswa semakin meningkat dan mahasiswa semakin banyak yang memilih jalur publikasi artikel jurnal.

Sementara itu, M. Ali Rusdi, Ketua LP2M yang juga ketua panitia penyusun pedoman mengatakan paradigma dunia pendidikan saat ini menuntut perguruan tinggi mempunyai reputasi yang baik di tingkat nasional, salah satunya ditentukan oleh kegiatan penelitian dan publikasi mahasiswa.

"Kita akan terus berupaya mendorong peningkatan publikasi, bukan hanya dari kalangan dosen, tetapi juga peran serta dari mahasiswa melalui publikasi artikel jurnal nasional maupun buku, " ungkapnya.

Ali Rusdi mengungkapkan pedoman ini memang bertujuan untuk peningkatan publikasi mahasiwa, bukan pelarian dari pelaksanaan tugas akhir berupa skripsi. Untuk itu, pilihan ini memang tidak sederhana tetapi akan sedikit lebih sulit. 

Tetapi, untuk jangka panjang program ini akan memberi dampak terhadap reputasi dan kualitas publikasi mahasiswa. Ini secara tidak langsung memberi kontribusi positif bagi institusi.

Kegiatan sosialisasi ini mendapat respons positif dari para dosen. Tak ayal, para peserta yang hadir banyak memberikan saran dan masukan untuk efektivitas program tersebut. 




Untuk diketahui, sosialisasi yang dirangkaikan dengan diskusi ini bertujuan menyempurnakan pedoman tersebut. Dengan demikian, tim penyusun pedoman menampung masukan-masukan dari berbagai pihak, secara khusus _civitas academica_ IAIN Parepare sebelum pedoman tersebut ditetapkan. (Mhy/Tin).

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 18 Mei, 2023