STAIN Majene Studi Banding ke IAIN Parepare

27 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare- STAIN Majene lakukan Studi Banding ke IAIN Parepare. Rombongan STAIN Majene diterima di Gedung Pascasarjana lantai I, Rabu (22/02/2023) pukul 10.00 WITA. 

STAIN Majene baru saja membuka program Magister Pendidikan Agama Islam. Pendirian Pascasarjana ini berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI tentang izin penyelenggaraan Progam Studi Magister (S2) PAI Nomor 1441 tahun 2022. Studi Banding ini bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan di Pascasarjana STAIN Majene. 

Mengawali pembukaan kegiatan, Wakil direktur Pascasarjana Agus Muchsin memperkenalkan kondisi Pascasarjana secara umum, para ketua program studi dan tenaga administrasi di lingkup Pascasarjana IAIN Parepare. Direktur Pascasarjana Darmawati dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelumnya telah dilakukan MoU dengan STAIN Majene. "Kegiatan hari ini bentuk realisasi dari pada MoU itu dan ini langkah awal untuk pengisian borang Pascasarjana IAIN Parepare," ujarnya. 

"Memang, program studi yang tertua di Pascasarjana IAIN Parepare adalah Pendidikan Agama Islam dengan izin operasional PAI berbasis teknologi pembelajaran," tambahnya.

Selain itu, Darmawati menjelaskan bahwa untuk membentuk Pascasarjana perlu adanya kurikulum yang sudah dibahas dalam lokakarya, kejelasan visi dan misi program studi, penetapan homebase dosen, perlu adanya pedoman karya tulis ilmiah, perak dan renstra. Untuk menghadirkan Pascasarjana perlu adanya kerja ekstra," jelasnya.

"Kehadiran kami betul- betul ingin belajar dan menimba pengetahuan sekaligus silaturahmi dengan pengelola Pascasarjana IAIN Parepare untuk memperbincangkan persoalan penyelenggaraan Program Studi Magister (S2) PAI," tutur Wakil Ketua Satu STAIN Majene Muliadi. Selain itu, Muliadi sempat mempertanyakan home base dosen, metode perkuliahan, UKT dan KTM serta persoalan Pedoman Akademik dan Tendik. 

Turut hadir pegawai lingkup Pascasarjana dan tim dari STAIN Majene, M Dalib Ka Prodi PAI S2, Wahyuddin Sekretaris Prodi PAI, dan Abdul Gafur Kasubag PAI. (sai/mif)


di dalam Berita
Hayana 27 Februari, 2023