Tambah Jumlah Auditor Mutu Internal, LPM Gelar Orientasi Auditor AMI

22 Agustus, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_ Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare menggelar Orientasi Auditor Mutu Internal (AMI) Selasa-Kamis, (22-24/08/2023) di Perpustakaan Lantai 4 IAIN Parepare. Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 peserta yang terdiri dari perwakilan dosen setiap fakultas di lingkungan IAIN Parepare.

Rektor IAIN Parepare, Hannani secara resmi membuka Orientasi Auditor Mutu Internal tersebut didampingi Ketua LPM Muhammad Qadaruddin, dan Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Adnan Achiruddin Saleh.

Hannani dalam sambutannya berharap peserta pelatihan ini mengikuti dengan baik, sehingga para peserta mampu menyerap materi yang disampaikan oleh Tim BEST-Q.

“Kita berharap dari pelatihan ini akan menghasilkan luaran, bukan saja auditor internal, melainkan juga dapat menjadi tim asesor,” ungkapnya.

Di tahun sebelumnya, LPM juga menggelar pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) yang mengikutkan peserta pelatihan sebanyak 25 orang. LPM tahun ini kembali menambah jumlah auditor internal untuk memastikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dapat berjalan secara maksimal.

Auditor merupakan unsur yang penting dalam proses audit internal di Perguruan Tinggi. Tujuannya agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, auditor perlu menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan Audit Mutu Internal.

Audit merupakan bagian dari siklus penjaminan mutu yaitu salah satu bentuk evaluasi dari model siklus yang mencakup penetapan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian, dan peningkatan standar mutu (siklus PPEPP).

LPM IAIN Parepare kembali menggandeng BEST Q dalam menyelenggaranan pelatihan ini. Best-Q Institut merupakan badan yang memiliki legalitas atas penyelenggaraan pelatihan ataupun training beberapa pengembangan terkait SDM, serta bergerak di bidang sistem manajemen yang berpusat di Kota Malang, Jawa Timur. (mhy/alf).



di dalam Berita
mahyuddin 22 Agustus, 2023