Tanda Cinta pada Nabi Muhammad SAW, IAIN Parepare Gelar Maulid

19 Oktober, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare- Civitas academica IAIN Parepare memperingati maulid untuk meneladani akhlak dan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di Auditorium, Selasa (18/10/2022).

Maulid ini dihadiri oleh Habib Syekh Abdul Rahim Assegaf Puang Makka yang lebih dikenal dengan sebutan Puang Makka sebagai pembawa hikmah maulid.

Dalam tausiyahnya, ia menyebutkan bahwa tradisi maulid ini salah satu ekspresi kecintaan umat kepada Rasulullah SAW dan ekspresi kecintaan itu diimplementasikan dengan sering memperbanyak selawat.

“Betapa dahsyatnya kalau kita berada pada titik kecintaan itu, apa yang telah diperbuat untuk maulud Nabi Muhammad SAW, maka dia yang akan mendapat balasannya selama dia betul-betul menunjukkan kecintaannya kepada Rasulullah,” ungkap Puang Makka.


“Mahabbah itu memiliki beberapa kriteria, yaitu jika kita sayang terhadap sesuatu pasti kita akan sering menyebut namanya dalam kebajikan. Kedua, tanda cinta kepada Rasulullah adalah kita ikuti perintahnya dan menjauhi larangannya. Ketiga, kita ikuti apa yang baginda Rasulullah sayangi dan senangi, seperti meneladani para sahabat dan ulama,” jelas Puang Makka.

Puang Makka juga mengimbau kepada civitas academica untuk mendudukan sesuatu dengan proporsinya. Jangan menyamakan antara syiar dan syariat karena syiar sifatnya tidak konstan melainkan terus menyesuaikan dengan tempat dan waktunya, seperti dengan pelaksanaan maulid yang berbeda-beda di setiap daerah.

“Sepanjang dalil syiar itu tidak bertentangan dengan al-qur’an dan hadis maka silahkan laksanakan,” seru Puang Makka.

Pada kesempatan ini, baik Rektor IAIN Parepare maupun Puang Makka beserta seluruh pimpinan kompak memimpin selawat kepada Rasulullah SAW yang dikuti oleh seluruh undangan yang hadir. (aen/mif)

di dalam Berita
Nur Aeni K 19 Oktober, 2022