Tim Debat IAIN Parepare Kembali Raih Juara 1 Tingkat Nasional

25 Maret, 2021 oleh
webadmin1

IAINParepare- Rabu (24/03/2021) Tim Debat Konstitusi IAIN Parepare kembali mengukir prestasi tingkat nasional, setelah diumumkan sebagai juara 1 dalam Lomba Debat Hukum Jawara Debate Competition IV.

Lomba debat yang diselenggarakan oleh D’recht Fakultas Hukum Universitas Tirtayasa Banten yang dimulai 11 Januari 2021 sampai 24 Maret 2021, durasi waktu tersebut termasuk pendaftaran hingga penutupan kegiatan.

Tim debat IAIN Parepare diisi oleh pembicara dari komunitas debat IAIN Parepare (Stadium) yang terdiri dari Usmaida (Prodi HTN), Nur Misyuari (Prodi HPI) dan Muh. Andri Alvian (Prodi HTN).

Tim debat dilatih oleh Wiwin, S. H., yang sudah memiliki pengalaman dan mengukir berbagai prestasi dalam ajang debat nasional. Dalam ajang ini, Nur Misyuari didaulat sebagai Best Speaker.


Mosi yang diperdebatkan dalam lomba ini dibagi menjadi tiga babak. Babak penyisihan membahas tentang “Penerapan E-Voting dalam Pemilu di Indonesia”, babak semifinal membahas tentang “Penggunaan Senjata AWS dalam Konflik Bersenjata Internasional”.

Sementara pada putaran final, mosi yang di perdebatkan adalah “Digitalisasi Sertifikat Tanah Terhadap Efisiensi Pelayanan Publik”.

Wiwin selaku coach, menanggapi prestasi yang diraih oleh timnya dengan rasa bangga dan mengapresiasi kinerja dari tim debat IAIN Parepare.

“Pada dasarnya senang dengan hasil yang kami dapatkan. Meraih juara 1 dalam kompetisi debat hukum yang diikuti perguruan tinggi ternama merupakan kebanggaan tersendiri untuk saya dan adik-adik. Sebenarnya pada kompetisi ini, kami mengirim 2 delegasi. Namun, 1 tim harus gugur karna kami berada dichamber yang sama,” jelas Wiwin.

Di babak penyisihan tim debat IAIN Parepare harus bersusah payah mengalahkan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Di babak semifinal, kembali diperhadapkan dengan lawan yang cukup tungguh dan mosi yang cukup berat. Namun, berkat kerja keras, tim debat IAIN Parepare berhasil lolos ke babak final.

Selanjutnya, di babak final IAIN Parepare harus berhadapan dengan salah satu universitas dengan fakultas hukum ternama di Indonesia, yakni Universitas Diponegoro.

Tim debat IAIN Parepare mengalahkan tim debat UNDIP dengan victory point 4-1 untuk kemenangan tim debat IAIN Parepare, dan keluar sebagai juara dalam kompetisi ini.

“Formasi yang kami usung dalam kompetisi ini tidak jauh berbeda dengan kompetisi sebelumnya. Di mana kami hanya mengganti pembicara pertama dengan generasi baru, yakni Usmaida. Proses adaptasi yang baik membuat membuat tim ini dapat bekerjasama dengan baik,” tambah Wiwin. “Saya berharap adik-adik mahasiswa tidak bosan untuk mengikuti kompetisi debat dan cepat puas atas prestasi yang diperoleh. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada dosen-dosen yang telah berkontribusi besar dalam membantu persiapan kami. Ucapan terima kasih juga kami persembahkan kepada pihak fakultas memberi support kepada kami,” tutup Wiwin. (rush/mif)

di dalam Berita
webadmin1 25 Maret, 2021