Tim Pascasarjana Ikuti Silaknas Fordipas X PTKIN se-Indonesia

1 November, 2023 oleh
saidinhamzah

Humas IAIN Parepare- Tim Pascasarjana ikuti kegiatan forum intelektual yang digagas dalam Forum Direktur Pascasarjana se-PTKIN. Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan peranan dan fungsi Pascasarjana PTKIN se-Indonesia serta merespons perkembangan dunia di Griya Persada Hotel and Resort Bandungan Semarang Indonesia, Rabu-Jumat (25-27/10/2023).  

Kegiatan International Conference on Islam, Law and Society (Incoils III Semarang Indonesia), Reconstructing Religion and Law for Equal Humanity and Sustainable Peace diikuti oleh 45 Direktur Pascasarjana se-PTKIN dan 220 artikel dari prodi, dosen dan mahasiswa pascasarjana.

Menteri Agama RI dalam sambutan menyatakan bahwa ke depannya akan dilaksanakan  Silaknaas Fordipas X PTKIN dan International Conference sebanyak tiga kali dalam setiap tahun. Hal ini dipertegas Ketua Fordipas Prof.  Akhyak. "Bahwa artikel tidak hanya berhenti pada jurnal terakreditasi, tetapi juga untuk kepentingan umat, memiliki dampak yang lebih (pada media populer, Kompas dsb), menjadi rujukan dan mudah dipahami masyarakat awam," ujarnya.

Kegiatan ini menjadi momentum bagi Pascasarjana IAIN Parepare melakukan riset kolaboratif dengan Direktur Pascasarjana se-PTKIN. Sehingga, kesempatan tersebut dimanfaatkan Direktur Pascasarjana Darmawati menandatangani Memorendum of Understanding (MoU) bersama Pascasarjana lainnya untuk langkah pengembangan lembaga dan penguatan koordinasi antar lembaga Pascasarjana PTKIN se- Indonesia.

Selain International Conference on Islam, Law and Society (INCOILS III), momentum Forum Direktur Pascasarjana (Fordipas) telah memfasilitasi semua Direktur, Ketua Prodi Pascasarjana se-PTKIN melakukan MoA dan PKS yang terfokus kerja pada aspek Tridharma Perguruan Tinggi di antaranya Riset kolaboratif antar perguruan tinggi di dalam maupun luar melalui jaringan akademik bersama, Penguatan kapasitas dosen Pascasarjana dalam penguatan academic writing, workshop akselerasi guru besar, dan lecturer exchange (pertukaran dosen), dan  Penguatan kerja sama dalam kajian-kajian peminatan bakat-minat dosen Pascsarjana.

Kegiatan forum dan diskusi di kalangan kaum intelektual PTKIN, khususnya Forum Direktur Pascasarjana (Fordipas) di bawah Kementerian Agama menjadi tradisi dan kebiasaan dalam upaya mengasah ilmu pengetahuan kaum intelektual baik di kalangan para dosen dan mahasiswa di tingkat Pascasarjana se-Indonesia.

Pascasarjana IAIN Parepare mengirim delegasi, yakni Direktur dan Wakil Direktur beserta tiga Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Komunikasi dan Penyiaran Islam serta Pendidikan Bahasa Arab untuk menyampaikan artikel dan melakukan perjanjian kerja sama antar Pascasarjana dan antar program studi dalam kegiatan tersebut. Artikel yang telah presentasikan akan dimuat dalam Prociding Internasional, Scopus, Sinta 5 sampai dengan SINTA 1.

Berdasarkan rapat akhir hasil Silknas ke-10 Fordipas bahwa pelaksanaan yang akan datang IAIN Parepare menjadi Tuan Rumah Silaknas ke-11 yang akan dilaksankan pada Mei tahun 2024. (ram,shz/mif)


di dalam Berita
saidinhamzah 1 November, 2023