Tingkatkan Mutu Alumni, UPT Bahasa IAIN Parepare Fasilitasi Mock Test IELTS

18 Agustus, 2023 oleh
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare---Mock test IELTS adalah ujian persiapan atau biasa disebut simulasi tes IELTS (International English Language Testing System) sebagai tahap lanjutan setelah mengikuti IELTS Preparation atau sebelum mengikuti tes IELTS yang sesungguhnya, baik IELTS PBT maupun IELTS CBT. Mock test ini berperan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan peserta tes, karena skor IELTS sangat penting bagi para alumni yang ingin melanjutkan studi keluar negeri, ataupun syarat mengajukan beasiswa.  

Menindaklanjuti hasil kegiatan TOEFL/IELTS preparation bagi alumni dan umum yang telah dilaksanakan UPT Bahasa IAIN Parepare pada bulan Juni lalu, UPT Bahasa memfasilitasi para alumni untuk mengikuti Mock Test IELTS tersebut yang diselenggarakan oleh Golden Gate Education Makassar pada hari Jumat (18/8/2023). Pelaksanaan Mock Test ini juga merupakan tindak lanjut dari MoU UPT Bahasa IAIN Parepare bersama Golden Gate Education Makassar. "Saya berterima kasih kepada pihak Golden Gate yang telah menyambut kami dan meluangkan waktunya ,untuk memberikan kesempatan kepada alumni kami untuk mengikuti Mock test IELTS di Golden Gate Education,” tutur Nurhamdah.

 

Keterampilan yang diuji dalam pelaksanaan Mock Test ini adalah tes mendengarkan (30 menit), membaca (60 menit), menulis (60 menit), dan tes yang dilaksanakan pada sesi akhir yaitu tes berbicara (11–14 menit) yang diujikan langsung oleh native speaker. Durasi tes keseluruhan adalah 2 jam 45 menit. 

Mock test ini telah diikuti oleh 7 orang Alumni IAIN Parepare diantaranya Muh Taufik alumni PAI, Aslam alumni Hukum Tata Negara, dan alumni Tadris Bahasa Inggris diantaranya Siti Rahmayana, Rhafi Harlan, Khadaruddin, Revit Rendra dan Sakmalsyah. “Alhamdullilah dan terima kasih kepada UPT Bahasa serta Golden Gate karena telah memfasilitasi kami untuk mengikuti Mock Test ini, sehingga kami bisa mengetahui score IELTS kami, kami bisa fokus mempersiapkan diri untuk mengikuti IELTS sebenarnya nanti,” sampai Revit.

 

Harapan saya selaku kepala UPT Bahasa semoga dapat memiliki laboratorium Bahasa yang memadai sesuai standar dari British Council, untuk pelaksanaan tes IELTS CBT ataupun IELTS PBT. Hal tersebut tidak lain agar pelaksanaan IELTS nanti tidak perlu ke Makassar lagi tapi bisa langsung dilaksanakan di UPT Bahasa IAIN Parepare. “Dalam waktu dekat ini kami sedang melakukan tahap awal memenuhi syarat pengajuan kerjasama ke British Council sebagai Registration Center Partnership Program,” tutup Nurhamdah. (aw/Srh)


di dalam Berita
ameliawulandari 18 Agustus, 2023