Tingkatkan Tridarma, Faktar Gandeng FKIP dan FAI Unismuh

25 Desember, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare-Penguatan Kerjasama terus dilakukan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare untuk pengembangan mutu pendidikan. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk kesepakatan antara Fakultas Tarbiyah (Faktar) IAIN Parepare dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah (UNISMUH) Makassar untuk mengagendakan pelaksanaan kerjasama yang nantinya akan dituangkan dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerjasama, Jumat (17/12/2021).


Dalam kunjungan tersebut, Fakultas Tarbiyah dan pihak UNISMUH bersepakat agenda kerjasama akan dilaksanakan berkaitan dengan penerapan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Kunjungan pertama diawali dengan pertemuan antara Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Agama Islam UNISMUH Makassar. Rombongan Faktar diterima di ruang pertemuan Fakultas Agama UNISMUH (Gedung Iqra) yang dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, beberapa ketua program studi dan pejabat terkait. Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Amirah Mawardi S.Ag.,M.Si. menyampaikan terima kasih dan menyambut baik atas kunjungan penjajakan kerjasama.

“Fakultas Agama Islam UNISMUH memiliki prodi yang karakteristiknya hampir sama dengan prodi FAKTAR sehingga perlu dibangun kerjasama untuk meningkatkan substansi keilmuan yang lebih komprehensif bagi keduanya,” ungkap Amirah Mawardi.

Selanjutnya Dekan Faktar Dr. H.Saepudin, M.Pd menyampaikan tentang pentingnya melakukan kerjasama.
“Setiap perguruan Tinggi memiliki distingsinya masing-masing, sehingga memerlukan kolaborasi untuk saling mengayakan keunggulan masing-masing bagi kemajuan kedua lembaga,” pungkas Saepudin.

“Seperti halnya Fakultas Tarbiyah mengarahkan proses akademik pada Pendidikan Islam, Akulturasi dan Budaya,” lanjutnya


Kunjungan kedua Dekan Fakultas Tarbiyah dan rombongan diterima oleh Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib Ph.D di Ruang Dekan FKIP Unismuh. Menurut H. Saepudin, kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif masing-masing fakultas, kolaborasi penelitian antar dosen, serta pertukaran narasumber untuk sharing pengetahuan.

“Melalui penandatanganan ini, semoga bisa membangun kerjasama yang lebih progresif untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkaya pengalaman keilmuan dari mitra kerjasama,” tutur H. Saepuddin.

Sementara itu, Dekan FKIP Unismuh Makassar Erwin Akib mengatakan bahwa kerja sama ini sangat strategis, karena kedua fakultas memiliki banyak prodi yang sama. FKIP Unismuh, membina 11 Prodi S1, diantaranya Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Teknologi Pendidikan, dan Pendidikan Fisika.

Selain itu, ada Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Seni Rupa, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. FKIP Unismuh juga membina dua Prodi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), yakni PPG Bahasa Indonesia, dan PPG Bahasa Inggris. Sementara itu, Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare membina 8 Prodi S1, yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Tadris Matematika, Tadris Bahasa Inggris, Tadris IPA, Tadris IPS, dan Manajemen Pendidikan Islam. (Ars/Tin)

di dalam Berita
webadmin1 25 Desember, 2021