TIPD dan Mahasiswa IAIN Parepare Kembangkan Website Dua Pondok Pesantren di Parepare

28 Desember, 2022 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) bersama Mahasiswa IAIN Parepare mengembangkan website dua pondok pesantren di Parepare, Rabu (28/12/2022).

Kunjungan kedua ini menjadi program Penguatan Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa (PKLDM), setelah dilakukan analisis permintaan dan kebutuhan pesantren yang dilakukan oleh dua tim yang terdiri dari dua staf TIPD dan empat mahasiswa di dua pondok pesantren yang ada di Kota Parepare, yakni Pondok Pesantren Zubdatul Asrar Nahdlatul Ulama Lappa Anging dan Pondok Pesantren DDI Lil Banat Ujung Lare. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini, yaitu Hamriana (Prodi SPI), Istiqamah (Prodi KPI), Jusmiati (Prodi KPI), dan Salmayanti (Prodi MKS).

Pembina Penguatan Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa (PKLDM)Ahmad Zuhudy Bahtiar mengatakan tujuan kegiatan ini untuk membantu sekolah atau pesantren dalam pembuatan website sesuai arahan Rektor IAIN Parepare Hannani.

“Salah satu output kegiatan ini, yaitu kami membantu sekolah atau pesantren sesuai arahan rektor untuk dibuatkan website di mana website tersebut bisa menjadi portal informasi kepada masyarakat berupa liputan atau sosialisasi program atau kegiatan unggulan mereka,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Zuhudy mengatakan bahwa program ini akan menjadi portofolio yang sangat berguna bagi mahasiswa.

“Bagi mahasiswa, ini akan menjadi portofolio yang sangat berguna sekali karena mereka sudah mendapatkan skill yang dapat mereka kembangkan, apakah sebagai agensi atau untuk keperluan pribadi atau bahkan untuk membuat bisnis mereka sendiri dalam jasa pembuatan website dan saya rasa ke depannya skill seperti inilah yang dicari khususnya di era digital,” sambungnya. Durasi pengerjaan pembuatan website dilakukan selama dua bulan di mana jasa yang ditawarkan, yaitu pembuatan, pelatihan, dan finalisasi halaman website sekolah atau pesantren. (ade/mif)

di dalam Berita
Hayana 28 Desember, 2022