Walikota Parepare Dukung Perubahan IAIN Jadi UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle

3 Agustus, 2023 oleh
Suherman

Humas IAIN Parepare --- Rektor IAIN Parepare, Dr. H. Hannani, M.Ag melakukan pertemuan dengan Walikota Parepare, Dr. H. Taufan Pawe, S.H., M.H. Pertemuan tersebut berlangsung di ruangan kerja Walikota yang dihadiri sejumlah pejabat Pemerintah Kota Parepare dan rombongan dari IAIN Parepare, Kamis (3/8/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Rektor melaporkan rencana perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Parepare kepada Walikota. "Kami sedang mengusulkan perubahan bentuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) kepada Menteri Agama", papar Hannani.

Dalam rangka pengusulan tersebut, lanjut Hannani,  kami mohon dukungan pemerintah kota Parepare dan juga pemerintah daerah lainnya untuk perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN)," lanjut Hannani. Bentuk dukungan pemerintah daerah, tentu saja bukan sekedar formalitas semata tetapi menjadi bagian tanggung jawab bersama dalam pembangunan bidang pendidikan. 

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan kepada Walikota penggunaan nama Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle sebagai nama baru IAIN setelah berubah menjadi UIN. "Kami menyematkan nama Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle sebagai nama baru UIN nantinya," kata Rektor. Menurutnya, Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle adalah orang yang paling berjasa atas berdirinya IAIN di kota Parepare.

"Nama Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle kami pilih sebagai nama baru untuk UIN nantinya, karena beliau termasuk orang yang sangat berjasa", lanjut Rektor, Kampus ini tidak lepas dari kontribusi gurutta pada awal pendiriannya hingga hari ini dapat berkembang dengan pesat dan nikmati oleh umat Islam sebagai perguruan tinggi Islam di wilayah Ajatappareng ini.

"Awal berdirinya, dimulai ketika anregurutta Ambo Dalle menyetujui Fakultas Tarbiyah Universitas DDI melebur (filial) dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin Ujung Pandang dan menggunakan fasilitas DDI dalam operasionalnya". Dengan alasan itu, kami menilai gurutta menjadi peletak pertama pendirian perguruan tinggi ini, sehingga dengan demikian layak diabadikan namanya," paparnya.


Walikota Parepare mengapresiasi dan merespon dengan antusias penyampaian Rektor IAIN Parepare. "Kami dan khususnya pemerintah kota Parepare menyambut dan mendukung perubahan IAIN Parepare menjadi Universitas Negeri Islam (UIN). Apalagi, IAIN adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Parepare," kata Taufan Pawe dihadap Rektor dan rombongannya.

 "Hanya ada 2 perguruan tinggi negeri di Parepare, yaitu ITH dan IAIN. Kami sangat mendukung IAIN berubah bentuk menjadi Universitas. Tentu saja, IAIN akan kami unggulkan dan prioritaskan karena statusnya sebagai perguruan tinggi negeri. Kami akan segera membuatkan pernyataan dukungan," tegas Taufan Pawe, Walikota yang memimpin kota Parepare dalam dua periode pemerintahan. 


di dalam Berita
Suherman 3 Agustus, 2023