Workshop Pemutakhiran VMTS, Rektor : ke Depan Prodi di Fakshi harus Unggul

12 Mei, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare – Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) menyelenggarakan kegiatan Workshop Pemutakhiran Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi/Fakultas lingkup Fakshi, Kamis (11/05/2023) di Lt. 5 Gedung Perpustakaan IAIN Parepare.

Kegiatan dilaksanakan guna melakukan sinkronisasi dan harmonisasi terhadap VMTS antara institut, fakultas, hingga program studi. Selain itu, diharapkan menunjang ketersediaan profil lulusan yang siap diserap pada dunia kerja.

Rektor IAIN Parepare Hannani hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut. Turut hadir Dekan Fakshi Rahmawati, Ketua LPM IAIN Parepare M. Qadaruddin, Wakil Dekan I Aris, Wakil Dekan II Fikri, dan ketua program studi lingkup Fakshi. Sementara itu, turut hadir sebagai peserta para stakeholder (pemangku kepentingan/pengguna lulusan) dari berbagai instansi di bidang syariah dan hukum seperti hakim, panitera, notaris, advokat, penyuluh, penghulu, dan lain sebagainya.



Dirga Achmad sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan pertimbangan dinamika kompetensi lulusan yg semakin tergerus oleh tantangan dunia kerja. 

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud pengembangan kelembagaan dengan adanya kesesuaian VMTS secara terintegrasi. Makanya, kami hadirkan narasumber yang relevan yakni Prof. Zulfahmi Alwi selaku Guru Besar UIN Alauddin dan Fajlurrahman Jurdi sebagai akademisi Fakultas Hukum Unhas, ” ujar Dirga



Hal tersebut senada dengan yang disampaikan Dekan Fakshi dalam sambutannya. Ia menekankan bahwa Fakshi membutuhkan saran dan masukan dari stakeholder, agar lulusan Fakshi sesuai yang diharapkan dunia kerja saat ini. 

“Salah satu aspek yang menjadi tolok ukur/indikator akreditasi adalah VMTS. Sehingga, setiap kali kita melaksanakan assesment lapangan, selalu diminta dokumen berupa evidance kegiatan perumusan VMTS, termasuk catatan dari pemangku kepentingan/pengguna lulusan, ” tambah Rahmawati. 

Sementara itu, Rektor IAIN Parepare Hannani dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut. 

“Selamat datang di kampus IAIN Parepare. Terima kasih Bapak, Ibu yang hadir dalam memberikan saran dan masukan pada kegiatan ini. Harapannya, dengan kegiatan ini akreditasi program studi pada Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam, dapat meraih predikat akreditasi Unggul. Saat ini, baru 3 (tiga) prodi yang unggul, sementara syarat untuk akreditasi unggul pada institusi minimal 50% prodinya unggul. Sehingga, kita semua harus berjuang, prodi di Fakshi bisa unggul, ” sambut Rektor. (da/Tin)


di dalam Berita
Hayana 12 Mei, 2023