Buka Pelatihan Moderasi, Rektor Beri Pesan untuk Hidup Ber-Washathan

11 May, 2022 by
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare–LPM IAIN Parepare mengadakan Kegiatan Pelatihan Moderasi Beragama selama dua hari, 11 s.d. 12 Mei 2022 di gedung perpustakaan lantai 5 dengan mengusung tema “Moderasi Beragama sebagai Intrusi Pemahaman Nilai Keagamaan yang Rahmatan Lil Alamin bagi Civitas Akademika IAIN Parepare”.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dosen dan staf administrasi dari fakultas dan unit lembaga.

Herdah menjelaskan bahwa pelatihan tersebut merupakan salah satu program dari pemerintah untuk mencegah terjadinya radikalisme.

“Selain itu, merupakan tindak lanjut dari workshop moderasi yang telah diikuti oleh dua kepala pusat dari LPM,” tambahnya.

Pada acara pembukaan, Rektor IAIN Parepare, Dr. Hannani, M.Ag. berikan pemahaman tentang pentingnya hidup bermoderasi dalam masyarakat yang multicultural.

”Karena tantangan kita terus bergerak ke depan dan semakin kompleks serta perkembangan zaman yang terus maju sehingga dapat menimbulkan banyak benturan,” ungkap Hannani.

Ia juga menjelaskan bahwa sesungguhnya konsep moderasi di dalam Islam sangat jelas, seperti ayat yang dibacakan oleh mahasiswa sebelum acara sambutan.

“Dan demikian pula kami telah menjadikan kamu (umat Islam) ‘umat pertengahan’ agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.…” (QS. al-Baqarah/2: 143).

“Inspirasi dari ayat tersebut, kita perlu ber-washathan yaitu berada di tengah-tengah, tidak radikal, dan tidak juga liberal. Sejatinya Rasulullah telah mengajarkan kepada kita kehidupan yang moderat, ” ungkap rektor.


Rektor juga berharap melalui pelatihan moderasi ini para dosen dapat memberikan pemahaman yang baik kepada mahasiswa tentang pentingnya moderasi beragama untuk terus menciptakan kehidupan yang toleran dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Pemateri Pelatihan Moderasi tersebut adalah Dr. Maulana, S.Sos., M.Pd. widyaiswara dari BDK Makassar dan Dr. Ali Rusdi, M.Th.I. salah satu Dosen IAIN Parepare yang telah mengikuti Workshop Moderasi Beragama.

Kedua pemateri menyajikan materi dengan baik, sehingga peserta memiliki gambaran, menyadari tentang pentingnya moderasi, dan memahami perannya dalam mewujudkan moderasi beragama di kampus. Pelatihan Moderasi Beragama berjalan dengan lancar, dan selesai pada Kamis (12/5/2022) pukul 13.00 WITA. (Aeny)


in News
Nur Aeni K 11 May, 2022