Asesmen Lapangan Prodi Akuntansi Syariah, Salah Satu Prodi Terfavorit

27 Juli, 2021 oleh
webadmin1

IAIN Parepare— Program studi Akuntansi Syariah menjalani asesmen lapangan (visitasi) secara virtual untuk akreditasi program studi. Penyelenggaraan asesmen lapangan dipusatkan di gedung zona akreditasi, Senin – Selasa (26-27/07/2021).

Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si. membuka dan memberikan arahan pada acara pembukaan Asesmen Lapangan Program Studi Akuntansi Syariah melalui zoom.

Acara pembukaan dilaksanakan pada pukul 09.00 WITA, di lantai 2 gedung zona Akreditasi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ketua LP2M, Ketua LPM (via zoom), Sekretaris LP2M, Kapus Akreditasi, Kapus Penjaminan Mutu, Dekan Tarbiyah, Dekan FAKSHI, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Wakil Dekan I dan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Kabag dan Kasubag Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, semua ketua Prodi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Tim Akreditasi, Tim Akreditasi Prodi Akuntansi Syariah, DTPS Akuntansi Syariah, dan 6 mahasiswa Akuntansi Syariah.

Ahmad Sultra Rustan dalam sambutannya menyampaikan progres pengembangan Program Studi Akuntansi Syariah kepada tim asesor.

“Program Studi Akuntansi Syariah termaksud program studi baru yang belum memiliki alumni dan masih mencari pengalaman dalam proses asesmen. Program studi ini merupakan salah satu prodi favorit pilihan calon mahasiswa yang terdapat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kami harapkan nantinya bisa memperoleh akreditasi yang memuaskan, agar lebih meningkatkan animo masyarakat. Kami sangat berharap asesmen lapangan ini berjalan lancar dan memperoleh hasil terbaik,” ujar Rektor IAIN Parepare.

Tim Asesor BAN PT Dr. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si. dan Dr. Anton Bawono, S.E., M.Si. memberikan apresiasi yang baik atas sambutan tersebut.

Muhammad Fakhri Husein yang bertindak sebagai koordinator tim pada sesi sambutan, mengenalkan tim asesor, legal standing-nya, tugas asesor, sekaligus memberikan arahan teknis kepada pihak yang menjalani asesmen, termasuk menyampaikan standar kode etik yang harus dipedomani selama proses asesmen berjalan, baik bagi tim asesor, maupun pihak yang menjalani asesmen.

“Dalam asesmen lapangan ini, kami akan melakukan verifikasi dengan mengecek dokumen LKPS dan LED yang sebelumnya telah dikirim. Selanjutnya kami melakukan wawancara yang tujuannya ingin mengetahui fakta sebenarnya tentang kondisi di lapangan. Untuk itu, diharapkan kerjasamanya dalam memberikan penjelasan yang sebenarnya agar proses asesmen ini dapat berjalan lancar sesuai agenda waktu yang telah direncanakan,” jelas Muhammad Fakhri Husein pada akhir sambutan.


Asesmen Lapangan Prodi Akuntansi Syariah berjalan lancar selama 2 hari, mulai dari pengecekan bukti-bukti dokumen LKPS dan LED, kemudian dilanjutkan sesi wawancara dengan dosen tetap Program Studi Akuntansi Syariah, para Tendik lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah.

Sesi terakhir dilanjutkan dengan kunjungan fasilitas yang terdapat pada IAIN Parepare mulai dari gedung perkuliahan, gedung dosen, gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, laboratorium komputer dan bahasa, perpustakaan, dan unit kegiatan kemahasiswaan yang secara langsung/live streaming ditayangkan dalam AL tersebut.

Pada sesi ini para asesor tampak kagum dengan fasilitas yang ada di IAIN Parepare, terutama saat pustakawan IAIN Parepare, menunjukkan fasilitas dan buku yang ada di perpustakaan.

Asesmen Lapangan Prodi Akuntansi Syariah ditutup pada pukul 14.00 WITA oleh Wakil Rektor III, Dr. H. Muhammad Saleh, M. Ag. Pada sesi tersebut Wakil rektor III menyampaikan bahwa setelah asesmen lapangan Prodi Akuntansi Syariah, menyusul Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam yang akan diasesmen yakni tanggal 4 dan 5 Agustus 2021. (AR/Tin).

di dalam Berita
webadmin1 27 Juli, 2021