COHOST, Kolaborasi Dorong Peningkatan Layanan Kesehatan Mahasiswa

7 Maret, 2024 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa dan Alumni (P2MKMA) pada Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar kegiatan Connecting Health For Students (COHOST), Rabu (06/03/2024) di Gedung Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare.

Program ini sebagai upaya mendorong peningkatan layanan Kesehatan Kesehatan mahasiswa dengan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Parepare serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Parepare.

Kegiatan dibuka langsung Ketua LPM Muhammad Qadaruddin, didampingi Kepala Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa dan Alumni Mahyuddin serta kedua narasumber dari Dinas Kesehatan dan BPJS Kota Parepare. Ketua LPM, Muhammad Qadaruddin dalam sambutannya mengatakan kegiatan COHOST, merupakan suatu upaya kolaborasi dengan pihak stekholder yang bergelut di bidang kesehatan untuk mendorong layanan kesehatan mahasiswa di IAIN Parepare. 

"Layanan kesehatan ini adalah salah satu program di Lembaga Penjaminan Mutu di bawah program Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa dan Alumni. Dan ini juga merupakan salah layanan yang memang wajib dihadirkan di perguruan tinggi," ungkapnya.

Qadaruddin juga berharap agar penjajakan antara IAIN Parepare dengan Dinas Kesehatan Kota Parepare dan BPJS tetap terus terjalin untuk meningkatkan layanan kesehatan mahasiswa di IAIN Parepare.

Pada kegiatan ini, pihak BPJS menghadirkan layanan BPJS menggunakan mobil keliling untuk membantu para mahasiswa dan civitas akademik dalam aktifasi online JKN, pemberian informasi terkait layanan BPJS bagi mahasiswa termasuk memberi kemudahan perpindahan faskes.

Selain itu hadir, narasumber kegiatan COHOST yaitu Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan Sumber Daya Kesehatan Parepare, Kasman Makkasau, Kepala Bagian Kepesertaan Ridjal Mursalim, dan Bagian Mutu Layanan Kepesertaan Hartati, 

COHOST bertujuan untuk mendorong terwujudnya layanan kesehatan yang fokus pada isu-isu utama yang dihadapi oleh komunitas pelajar, seperti kesehatan reproduksi, kesehatan mental, pengendalian penyakit menular, dan peningkatan kebiasaan gaya hidup sehat di kalangan pelajar, termasuk pemeriksaan kesehatan gratis

Ke depan setelah penjajakan kerja sama, P2MKMA bersama Tim Career Development Center (CDC) diharapkan bisa berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan menjadi mitra kampus untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental, serta medical check-up (Mhy/Mif).




di dalam Berita
mahyuddin 7 Maret, 2024