MA'HAD AL-JAMI'AH IAIN PAREPARELAKSANAKAN PENGAJIAN KITAB RUTIN

22 April, 2024 oleh
rahmawatiar

Humas IAIN Parepare--

Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare menggelar Pengajian Kitab Rutin, Ahad (21-4- 2024) di Masjid Al-Wasilah IAIN Parepare.



Pengajian Kitab Rutin  dilaksanakan setelah salat magrib sampai isya. Pengajian hari kedua dibawakan oleh Dr. Agus Muchsin, M. Ag. Ia menyampaikan tentang kewajiban dalam menuntut ilmu.


Kitab yang dikaji adalah Kitab Mukhtashar Ihya Ulum Al-Din dengan tema “Menuntut Ilmu”. Pengajian ini wajib diikuti seluruh mahasantri Asrama Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare.



“Menuntut ilmu wajib bagi muslim dan muslimah. Wajib atasnya setelah balig dan beragama Islam mengetahui kalimat sahadat dan paham maknanya. Kefarduan ilmu itu, tidak wajib secara jelas, tapi cukup hanya sekadar mengetahui secara tidak ragu,” papar Agus Muchsin.


Lebih lanjut ia, menjelaskan makna dari kitab tersebut  bahwa menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan setelah  balig dan masuk Islam. Fardu ain ialah fardu yang diwajibkan bagi setiap muslim, contohnya salat, puasa, dan lain-lain, sedangkan fardu kifayah ialah fardu yang ketika ada salah seorang yang mengerjakannya maka gugurlah kewajiban yang lain, contohnya mengurus jenazah. Ketika tidak ada yang mengurus atau mensalati jenazah, maka satu kampung itu berdosa.


Pada akhir sesi, salah satu mahasantri menyampaikan simpulan dari materi yang disampaikan oleh Dr. Agus Muchsin, M.Ag. tersebut.

" Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi muslim dan muslimah. Ketika sudah balig dan beragama Islam, itu sudah fardu untuk menuntut ilmu. Adapun yang belum balig, sangat baik jika menuntut ilmu juga. Di zaman Rasulullah beliau mengajarkan kepada orang Arab dengan menyampaikan ilmu yang bisa diketahui orang Arab tanpa ragu-ragu atau meyakininya, meskipun orang Arab tersebut tidak tahu secara jelas atau mendalam dari ilmu itu,”papar  Maila. (Rhm/ Tin)

di dalam Berita
rahmawatiar 22 April, 2024