Pengurus Halal Center IAIN Parepare Bahas Target Satu Juta Seritifikat Halal

30 Maret, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Dalam rangka meningkatkan performa kinerja Lembaga Pendampingan Proses Produk Halal (LP3H),  LP3H Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan pertemuan membahas tentang  monitoring capaian target satu juta sertifikat halal bagi pelaku usaha mikro/kecil tahun 2023, melalui jalur self declare. Pertemuan yang diadakan via zoom ini  diikuti oleh pendamping Proses Produk Halal (P3H) unsur Penyuluh Agama Islam yang sudah teregister dan juga dihadiri oleh Kepala Pusat Kajian dan Bantuan Hukum Azlan Thamrin selaku Pengurus Halal Center IAIN Parepare, Kamis (30/03/2023). 

Membuka acara, Asrina  dari LP3H Sulawesi Selatan menyampaikan Kementerian Agama (Kemenag) membuka layanan pendaftaran sertifikasi halal di 1.000 titik lokasi se-Indonesia. Kemenag akan memfasilitasi pengurusan satu juta sertifikat halal bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK).

Asrina menyampaikan harapan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas  bahwa sertifikasi halal ini merupakan program prioritas dari Kementerian Agama. Program sertifikasi halal ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat.



Ali Fauzan sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) pusat dalam rapat zoom menyampaikan empat poin. Pertama, koordinator P3H harus menerapkan “strategi per-pendamping" ini bertujuan agar satu orang pendamping mendampingi 100 produk halal. Kedua, harus ada kolaborasi pendampingan bersama LP3H, tujuannya tidak lain agar terjadi pendampingan bersama antar P3H. . 

Selanjutnya, Fauzan mengharapkan ada pendampingan struktural, agar P3H mendampingan  pelaku usaha berdasarkan kluster bidang usaha. Ini bertujuan untuk memudahkan proses pendampingan. Terakhir, P3H melakukan penguatan literasi. "Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada lingkungan keluarga di masyarakat untuk selalu menggunakan atau mengonsumsi produk atau layanan yang halal," tutup Fauzan.

Azlan Thamrin selaku pengurus Halal Center IAIN Parepare mengungkapkan IAIN Parepare siap untuk berpartisipasi dalam menyukseskan capaian target 1 juta sertifikat halal sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Menteri Agama. (fzs/mif) 


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 30 Maret, 2023