Peresmian Inkubator Bisnis Salah Satu Mimpi Dekan FEBI

3 November, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare— Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Muh. Kamal Zubair, M.Ag. meresmikan Inkubator Bisnis Madani di gedung S Lantai 4 FEBI IAIN Parepare pada Senin, (1/11/2021) pukul 10.00 WITA.


Kegiatan ini dihadiri pula Kabag TU Naharuddin, M.Ag., Subkordinator AUK Nur Nahdiyah, S.E, M.Ak., staf administrasi FEBI, dosen lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan beberapa perwakilan mahasiswa FEBI IAIN Parepare.

Secara umum, inkubator adalah organisasi yang menyediakan infrastruktur dan pelayanan yang menaikkan nilai tambah suatu usaha. Inkubator bisnis akan membawa ide dan konsep dari “technopreneurs” pada tahap pertama (awal) menjadi rencana dan implementasi usaha. Secara operasional dalam rangka pengembangan wirausaha baru yang tangguh dan unggul, inkubator bisnis memberikan bantuan pendidikan, pelatihan dan magang yang didukung oleh fasilitas/akses teknologi, manajemen, pasar, modal, serta informasi secara umum maupun spesifik.

Inkubator bisnis banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi dengan berbagai pendekatan edan sasaran. Dengan adanya Inkubator Bisnis diharapkan perguruan tinggi mampu mengimplementasikan ilmu yang dimiliki dan turut serta dalam program pengabdian kepada masyarakat secara lebih nyata.

Pendirian Inkubator Bisnis Madani di tahap awal digagas dalam lingkup internal terlebih dahulu, yaitu ditujukan untuk mahasiswa aktif IAIN Parepare maupun mahasiswa yang sudah menjadi alumni IAIN Parepare yang sedang melakukan kegiatan wirausaha.

Mentoring masih menjadi hal yang dirasa perlu, terutama bagi para peserta inkubasi yang sedang berada di tahapan start-up. Penguatan dalam bentuk keterampilan pengelolaan usaha akan dilakukan baik lewat program business coach, maupun melalui program pengajaran di kelas wirausaha.

Inkubator Bisnis Madani melakukan proses inkubasi bisnis melalui tiga tahap yaitu: pra inkubasi, inkubasi, dan pasca inkubasi. Ketiga proses bisnis inkubasi ini dilakukan guna mencapai sasaran strategis yaitu menciptakan Perusahaan Pemula atau startup di kalangan mahasiswa. Kegagalan pada salah satu proses bisnis inkubasi akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses bisnis utama inkubasi dalam menciptakan perusahaan pemula. Setiap proses inkubasi memiliki kaitan dan pengaruh penting dengan keberhasilan proses inkubasi sehingga perlu direncanakan, dilaksanakan, dan dimonitor secara intensif.


Dekan FEBI IAIN Parepare mengapresiasi dan memberikan pujian atas terwujudnya salah satu impian Fakultas Ekonomi Islam melalui adanya wadah Inkubator Bisnis ini.

“Kami mengapresiasi adanya Inkubator Bisnis Madani pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ini. Ini merupakan salah satu impian kami. Inkubator Bisnis Islam menjadi wadah pengembangan potensi jiwa usaha/entrepreneur mahasiswa kami, yang belakangan ini mindset-nya hanya berorientasi menjadi pegawai negeri/karyawan saja, tanpa mengembangkan potensi-potensi jiwa berwirausaha mereka. Semoga ke depannya Inkubator Bisnis ini dapat melahirkan sosok entrepreneur Islami yang menjadi contoh untuk adik-adik mahasiswa lainnya melalui bimbingan para inisiator dibentuknya inkubator bisnis madani ini,” ungkapnya.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemotongan pita. Pemotongan pita sebagai simbol peresmian Inkubator Bisnis Madani ini, dibuka secara resmi oleh Dekan FEBI bersama Kabag TU, dan inisiator Inkubator Bisnis Madani Emily Nur Saidy, M,E.

Emily, inisiator Inkubator Bisnis Madani mengungkapkan kesyukuran atas terwujudnya wadah pengembangan wirausaha mahasiswa yang sekaligus merupakan bagian dari tugas Aktualisasi Latsar CPNS.


“Kami sangat bersyukur dan berharap dengan adanya Inkubator Bisnis Madani ini sebagai langkah awal mempersiapkan bentuk program maupun fasilitas kerja yang mempuni bagi peserta inkubasi atau mahasiswa yang akan mengembangkan bisnisnya kedepan sebagai terwujudnya visi dan misi inkubator bisnis madani ini,” ungkapnya.

Visi Inkubator Bisnis Madani ini adalah mewujudkan wirausahawan mahasiswa dan alumni yang mandiri, berdaya saing tinggi, dan berkarakter Islami berbasis teknologi informasi. Sedangkan misi Inkubator Bisnis Madani adalah 1) meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa, alumni, dan dosen dalam berwirausaha melalui kajian Islam dan ilmu ekonomi yang integratif. 2) meningkatkan kerjasama bisnis dengan berbagai pihak guna memperkuat kelembagaan inkubator bisnis berbasis teknologi informasi, 3) menyediakan fasilitas guna memanfaatkan hasil riset kewirausahaan berbasis teknologi informasi melalui kajian Islam dan ilmu ekonomi yang integratif dalam pengembangan bisnis. (Ario/Tin)

di dalam Berita
webadmin1 3 November, 2021