Reporter TV One, Pemateri dalam Kegiatan CSBT IAIN Parepare

3 Desember, 2023 oleh
srikartikaabidin

Humas IAIN Parepare -- Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam menyelenggarakan kegiatan Communication Skill & Broadcasting Training Camp yang diselenggarakan di Movie Room IAIN Parepare, Jumat (1/12/2023).

Reporter TV One Syamsul Ma’arif membawakan materi Teknik Peliputan Berita TV. Dalam materinya, Syamsul Ma’arif menjelaskan bagaimana proses produksi siaran dan memberikan pemahaman kepada perserta untuk percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. 

Syamsul Ma’arif juga berbagi pengalaman dengan peserta. Sejak awal kariernya hingga sekarang menjadi seorang jurnalis. Berbagai kondisi pada saat liputan dan pengalaman yang sudah dilewati, menjadikan Syamsul Ma’arif banyak belajar dengan kondisi yang dihadapi. Ia juga bebagi cerita mengenai kesulitan yang dihadapi dan bagaimana cara kemampuannya mengimprovisasi kondisi yang dihadapi pada saat liputan berlangsung. Peserta yang berjumlahkan 30 orang sangat antusias mendengar dan memahami materi yang dibawakan oleh pemateri.


 “Pendapat saya terkait dengan materi peliputan berita ini adalah bukan hanya tentang bagaimana teknik-teknik untuk menjadi seorang reporter yang baik. Tapi tentang bagaimana kita ingin menjadi seorang jurnalis yang bisa apa saja, dan harus punya niat yang baik untuk menjadi seorang jurnalis," ujar Siti Mahmudah, salah satu peserta.

"Jika kata pemateri, jadi jurnalis itu banyak tantangannya, tapi jika kita berhenti untuk menghadapi tantangan itu maka kita tidak bisa punya cerita yang menarik untuk diceritakan. Dari sini kita bisa tahu bahwasanya untuk menjadi jurnalis tidak ada yang berjalan mulus, semua pasti punya kesalahan, tapi kita juga harus tahu bagaimana untuk memperbaiki kesalahan itu dan menjadi jauh lebih baik lagi. Banyak sekali hal-hal yang kita dapatkan lewat materi peliputan berita. Pematerinya juga seru, pokoknya materi peliputan ini penuh dengan semangat dan juga menyenangkan,” tutupnya. (ska/mif)


di dalam Berita
srikartikaabidin 3 Desember, 2023