Visiting Academic Touring FEBI, Meningkatkan Akreditasi dan Layanan Akademik

20 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare- Sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare mengirim delegasi yang terdiri dari dekan, para wakil dekan, dan sejumlah ketua program studi untuk Visiting Academic Touring ke beberapa perguruan tinggi di Pulau Jawa pada, Senin-Kamis (27-2/2-3/ 2023).

 “Kunjungan ke beberapa perguruan tinggi ini memiliki beberapa tujuan tertentu, misalnya kami melakukan kunjungan ke Universitas Gadjah Mada dalam rangka penguatan akreditasi Prodi Pariwisata Syariah. Selain itu, kunjungan ke perguruan tinggi lain, seperti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Raden Mas Said Surakarta, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan dalam rangka penguatan akreditasi Program Studi di Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA),” jelas Wakil Dekan I bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerja Sama Andi Bahri.

 Ada hal yang menarik selama kunjungan ini, yaitu para delegasi melakukan kegiatan Academic Sharing & Research Expose dengan memaparkan hasil riset yang telah dilakukan. Andi Bahri juga turut menyampaikan hasil risetnya yang terkait dengan kearifan lokal, yaitu “Massepe: Kampung Pandai Besi di Ajatappareng. Menurutnya, salah satu cara yang dapat ditempuh guna memperkuat perekonomian lokal dengan melakukan pelestarian produk-produk kearifan lokal dari masyarakat.

 Pada kegiatan Visiting Academic Touring ke UIN Malang, delegasi FEBI menyempatkan diri untuk mengunjungi tiga laboratorium yang ada di Fakultas Ekonomi, salah satunya yaitu Laboratorium Minibank. Pada kesempatan tersebut, Ketua Prodi Perbankan Syariah IAIN Parepare I Nyoman Budiono melakukan diskusi terkait dengan fasilitas dan sistem yang digunakan pada Laboratorium Minibank tersebut. Selain itu, I Nyoman Budiono juga diberikan kesempatan untuk berbagi wawasan terkait dengan sistem kerja dan persaingan pada bank syariah. 

“Kegiatannya di Lab Minibank UIN Malang tergolong aktif karena waktu saya di sana para asisten lab sedang bertugas sambil belajar. Mereka menerima siapa saja yang mau belajar baik pada jam mata kuliah maupun di luar perkuliahan,” tutup I Nyoman Budiono. (mma/mif)

 

di dalam Berita
Hayana 20 Maret, 2023