Wujudkan SDGs di Perguruan Tinggi, Prodi PMI Workshop Pendampingan Masyarakat

19 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare- Dalam rangka mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare bersama Connecting Local Initiatives for SDGs Indonesia sebagai representatif dari World Wide Fund (WWF) Indonesia menggelar Workshop, Senin - Selasa (20-21/2/2023). Kegiatan ini mengusung tema "Pendampingan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs)" di ruang Assesmen Lapangan Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Parepare.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah A. Nurkidam mengatakan IAIN Parepare sebagai salah satu institusi penting yang hadir dalam membantu mempercepat tercapainya ke-17 tujuan SDGs. Khususnya, melalui penerapan tridarma perguruan tinggi, yaitu melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami dari FUAD IAIN Parepare tentunya mendukung dan mendorong bangsa Indonesia untuk mewujudkan SDGs sebagai tanggung jawab kita bersama. Pelatihan oleh WWF Indonesia ini menunjukkan komitmen Prodi Pengembangan Masyarakat Islam mengambil peran di dalamnya,” terang Nurkidam.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Afidatul Asmar mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari usaha untuk mendesain sejumlah program yang akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan atau mensingergikan tujuan pada SDGs. Program ini diharapkan akan menghasilkan panduan program Pengabdian kepada Masyarakat yang bisa digunakan oleh dosen IAIN Parepare, terutama lingkup FUAD.

Tentunya, untuk mewujudkan program SDGs ini perlu adanya kerja sama lintas sektor, Maria M. Purbaningrum, sebagai Koordinator pusat Connecting Local Initiatives berharap dukungan dari perguruan tinggi agar bisa memaksimalkan melalui realisasi tridarma perguruan tinggi. 

"Mudah-mudahan sejumlah program yang dicanangkan bersama dengan WWF Indonesia, Coloni, dan Organisasi Taman Semesta dapat diwujudkan melalui sinergitas pada tujuan dan target SDGs,” harapnya. (adn/mif)

di dalam Berita
Hayana 19 Maret, 2023