OPINI: Manusia Tanah

7 April, 2024 oleh
Hayana

Penulis: St Fauziah (Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab, IAIN Parepare)

OPINI--- Proses menuntut ilmu sangat erat kaitannya dengan dakwah berkesinambungan. Proses yang berkesinambungan harus dimulai dengan niat yang betul dalam hati sehingga menghasilkan ucapan dan tindakan yang sesuai. Dalam melaksanakan dakwah yang berkesinambungan dibutuhkan pribadi berkarakter yang tidak hanya paham teks dan konteks keagamaan untuk dirinya, namun juga menjadi pencerah bagi orang lain di sekitarnya. 

Seseorang yang hendak menjadi pencerah bagi orang lain hendaknya memiliki keutamaan  sebagaimana yang disebutkan Nabi SAW dalam sabdanya mengenai karakter penerima ilmu. Hal itu karena sasaran ilmu adalah seluruh umat manusia yang pada hakikatnya memiliki sifat yang berbeda.

Hal tersebut dijelaskan oleh Nabi SAW dalam sabdanya : 

عَنْ أَبِي مُوسَى عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَثَلُ مَا بَعَثَنِي اللهُ الْهُدَى وَالْعِلْمِ كَمَثَلِ الْغَيْثِ الْكَثِيرِ أَصَابَ أَرْضًا فَكَانَ مِنْهَا نَقِيَّةٌ قَبِلَتْ الْمَاءَ فَأَنْبَتَتْ الْكَلَةُ وَالْعُشْبَ الْكَثِيرَ وَكَانَتْ مِنْهَا أَحَادِبُ أَمْسَكَتْ الْمَاءَ فَنَفَعَ الله بِهَا النَّاسَ فَشَرِبُوا وَسَقَوْا وَزَرَعُوا وَأَصَابَتْ مِنْهَا طَائِفَةً أُخْرَى إِنَّمَا هِيَ قِيعَانٌ لَا تُمْسِكُ مَاءً وَلَا تُنْبِتُ كَلاً فَذَلِكَ مَثَلُ مَنْ فَقُهَ فِي دِينِ اللَّهِ وَنَفَعَهُ مَا بَعَثَنِي الله بِهِ فَعَلِمَ وَعَلَّمَ وَمَثَلُ مَنْ لَمْ يَرْفَعُ بِذَلِكَ رَأْسًا وَلَمْ يَقْبَلْ هُدَى اللَّهِ الَّذِي

أُرْسِلْتُ به (متفق عليه)

Dalam metafora yang indah ini, Rasulullah SAW mengibaratkan petunjuk dan hikmah yang dianugerahkan kepada umat manusia dengan air hujan yang menghidrasi bumi. Perumpamaan bumi dan manusia yang membutuhkan hidrasi. Air diperlukan bumi untuk menghasilkan tanah subur dan mendukung pertumbuhan tanaman hijau yang dapat dikonsumsi manusia. Demikian pula hati manusia yang memerlukan arahan dan kebijaksanaan untuk tumbuh produktif, itu juga perlu dipraktikkan dan diajarkan agar dapat memperoleh lebih banyak manfaat. Bimbingan diperlukan untuk mencapai ketenangan. Al-Qurthubiy menyatakan, bahwa Rasul SAW membuat perumpamaan agama yang dibawanya bagaikan hujan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Demikian pula kondisi umat dalam menunggu kehadiran Rasul SAW. Sebagaimana hujan berperan untuk menghidupkan bumi yang mati, begitu pula ilmu dapat menghidupkan hati yang mati.

Pada hadis di atas dijelaskan secara gamblang mengenai tiga karakter manusia yang diumpamakan seperti ragam tanah ketika menerima siraman hujan dari langit, sebagai berikut:

فَكَانَ مِنْهَا نَقِيَّةٌ قَتَلَتْ الْمَاءِ فَأَنْبَتَتْ الْكَلَةُ وَالْعُشْبِ الْكَثِير

"Di antaranya ada bumi yang subur, ia dapat menerima air kemudian menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan rumput yang lebat."

Daerah subur di bumi mampu menerima air yang cukup untuk menunjang pertumbuhan tanah yang pada gilirannya mendukung pertumbuhan tanaman dan rerumputan sehingga subur. Tumbuhan berkembang dan menghasilkan buah yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan manusia. Hal ini setara dengan watak anak-anak tertentu yang mahir dalam menerima informasi dan menerapkannya dalam kehidupan mereka lalu dipraktikkan apa yang diketahuinya dan menyebarkannya kepada orang lain. Kata Rasulullah SAW:

فقه في دين اللهِ وَنَفَعَهُ مَا يَعْتَنِي اللهُ بِهِ فَعَلِمَ وَعَلَّمَ وذلك مثل من فقه

"Demikian itu perumpamaan orang yang mengkaji agama Allah dan bermanfaat apa yang aku diutus dengannya, ia mengetahui dan mengajarkan (kepada orang lain)."

Karakter pertama ini merupakan karakter yang paling baik dari tiga karakter yang disebutkan oleh Nabi SAW karena karakter itulah yang menjadi tujuan pendidikan, yakni membentuk siswa yang baik dengan ilmu yang bermanfaat untuk diamalkan lalu diajarkan. Betapa bergunanya tanah subur yang dapat menumbuhkan buah dan sayur yang mengandung vitamin serta sangat penting bagi kesehatan manusia. Alangkah bermanfaatnya menerapkan pengetahuan lalu diperuntukkan untuk mengajarkan orang lain sehingga dapat mencerahkan diri mereka sendiri dan komunitas di sekitar mereka. Orang yang pertama disebut Alim, yaitu orang yang menjalankan dan mengamalkan ilmunya sendiri dan mengajarkannya kepada orang lain.

Perumpamaan selanjutnya disebutkan:

أمسكت الماء فتقع اللهُ بِهَا النَّاسِ فَشَرِبُوا وَسَقَوْا وَزَرَعُوا وكلت منها أحادث

"Di antaranya ada bumi yang tandus (tanah berbatu cadas) yang  menahan air, lalu dengannya Allah memberikan manfaat kepada manusia, sehingga mereka dapat minum, menyiram, dan bercocok tanam daripadanya."

Tanah yang tandus hanya mampu menadah air namun tidak dapat menyerapnya untuk bercocok tanam, sehingga ia hanya dapat memberi manfaat kepada manusia untuk minum, menyiram, dan bercocok tanam, namun ia tidak memberi manfaat bagi dirinya sendiri. Tanah jenis ini adalah perumpamaan mengenai hakikat anak didik yang pintar, cakap dan mahir, semua bacaan telah dibacanya dan semua ilmu telah diperoleh apa adanya. Ilmu itu tidak diamalkan untuk dirinya sendiri melainkan sebatas diajarkan dan disampaikan kepada orang lain. Sifat ini ibarat lilin yang menyala dan menerangi benda di sekitarnya namun membakar dirinya sendiri. Allah SWT memperingatkan mengenai sifat ini dalam  QS. Ash-Shaff (61): 2-3, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat. Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan."

Karakter yang kedua ini tidak cukup baik, karena sejatinya ilmu yang diperoleh seharusnya terlebih dahulu untuk kepentingan diri sendiri, lalu untuk keluarga kemudian untuk orang lain. Manusia dengan karakter ini sekadar menyampaikan berita, sekadar menceritakan, menyampaikan saja, dan sekadar memberitahu orang lain. Akan tetapi, karakter ini masih lebih utama dibandingkan karakter yang ketiga. Bentuk karakter anak didik ketiga diumpamakan seperti tanah licin mendatar yang tidak dapat menyerap dan tidak dapat menampung air. Rasulullah sebutkan perumpamaan itu:

وأَصَانَتْ مِنْهَا طَائِفَةٌ أُخْرَى إِنَّمَا هِيَ فِيعَانُ لَا تَمْسَكَ مَاءً وَلَا تُنْبِتُ كَلَّا

“Dan (air hujan) ada yang mengenai sebagian Bumi, sesungguhnya ia tanah l          licin tidak dapat menahan air dan tidak dapat menumbuhkan tanaman."

Sifat sebagian anak didik ketiga ini adalah tidak mampu berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Mereka tidak dapat menyerap informasi atau menampungnya. Tidak ada pengetahuan yang tersisa di pikiran mereka, tidak ada pengetahuan yang dapat menumbuhkan pengetahuan baru bagi dirinya, begitu pula orang lain yang tidak dapat mengambil pelajaran darinya. Mereka tidak mau mendengarkan ilmu, jika mendengarnya pun hanya sebatas mendengar biasa, tapi mereka tidak menjaga ilmu tersebut, tidak mengajarkan dan mengamalkannya. Karakter ketiga ini adalah karakter yang paling rendah dari ketiga karakter di atas, karena keberadaannya tidak berfungsi sebagaimana tugas manusia diciptakan, keberadaannya adalah kurang bermanfaat dalam berbagai arah. Nabi bersabda :

ومثل مَنْ لَمْ يَرْفَعُ بِذلِكَ رَأْسًا وَلَمْ يَقْبَلْ هُدَى اللَّهِ الَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ

"Dan perumpamaan orang tidak peduli (tidak mampu mengambil manfaat apa yang aku diutus dengannya) dan tidak menerima petunjuk Allah yang aku diutus dengannya."

Pihak ketiga ini tidak mau memanfaatkan bimbingan dan ilmu yang dibawa Nabi serta tidak memberi manfaat bagi orang lain bahkan tidak menerima bimbingan dan ilmu dari Nabi. Jika demikian halnya, maka orang dengan karakter ini termasuk orang yang kafir.

Menurut al-Thibiy (al-Asqalaniy: 1/177) ada dua karakter manusia yang tidak disebutkan pada hadis di atas yaitu: Pertama, orang yang mau mengambil manfaat ilmu pelajaran dari Nabi, tetapi tidak mau mengajarkannya kepada orang lain. Kedua, orang yang tidak mengambil manfaat untuk dirinya tetapi mengajarkan untuk orang lain. Al-Atsqalany dalam Fath al-Bariy menjawab, bahwa kelompok pertama yang disebutkan oleh al-Thibiy sudah masuk pada kelompok karakter pertama yang disebut dalam hadis di atas, karena pemanfaatannya secara umum sudah ada sekalipun berbeda tingkatannya. Demikian juga apa yang dihasilkan bumi, sebagian ada yang diambil manfaatnya oleh manusia dan sebagian lagi ada yang mengering. Adapun yang kedua, jika menyangkut amal wajib dan melalaikan sunah maka digolongkan kelompok kedua dalam hadis dan jika ia meninggalkan yang wajib ia termasuk fasik sebagaimana yang dikatakan Nabi tidak peduli ilmu yang datang dari Nabi SAW.

Hikmah dari hadis yang diuraikan di atas berimplikasi agar ilmu dipelajari, diamalkan, lalu diajarkan dengan sungguh-sungguh. Pada hakikat manusia yang diberi pelajaran ibarat tanah yang disirami air hujan. Tanahnya ada yang subur, ada yang tandus, dan ada pula yang licin dan ditumbuhi lumut. Hakikat tanah yang subur merupakan penerima ilmu yang paham ilmunya, lalu diamalkan, kemudian diajarkan kepada orang lain, tanah yang tandus ibarat penuntut ilmu yang memahami ilmu bukan berarti mengamalkannya, melainkan mengajarkannya kepada orang lain. Ada pula tanah yang licin dan ditumbuhi lumut diumpamakan dengan manusia yang tidak memahami ilmu, tidak mengamalkannya, serta tidak pula mengajarkannya.

Walhasil, Aku, Anda dan Kita semua adalah tanah. Tepatnya “Manusia Tanah".


di dalam Opini
Hayana 7 April, 2024