28 PPPK IAIN Parepare Ikut Orientasi, Menag Tegaskan ASN Harus Bermental Melayani

25 Januari, 2024 oleh
Hartini

Humas IAIN Parepare -- Sedikitnya 28 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) IAIN Parepare hasil Optimalisasi Tahun 2023 mengikuti pembukaan orientasi PPPK Kemenag RI tahun 2024. Kegiatan itu digelar di Aula Mini Lantai 2 Gedung Rektorat IAIN Parepare melalui zoom meeting, Kamis (25/01/2024).


Berbeda dengan pembukaan orientasi sebelumnya, kali ini pembukaan orientasi bertajuk “Membangun ASN berAKHLAK untuk Mewujudkan Kementerian Agama yang Profesional dan Andal”.


Pembukaan orientasi ini dibuka langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas secara daring. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pesan kepada seluruh PPPK yang hadir secara daring untuk berterima kasih kepada kedua orang tua dan berterima kasih kepada pemerintah, yakni kepada Presiden RI, Joko Widodo yang telah mengadakan perekrutan tenaga honorer menjadi PPPK.


“Berterima kasihlah secara sungguh-sungguh antara hati, kata, dan perbuatan kepada orang tua, kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan kesempatan kepada saudara-saudara semua. Tanpa kebijakan yang diambil oleh Persiden Joko Widodo, maka tidak akan pernah saudara sekalian menjadi ASN PPPK,” kata Gus Men, sapaan akrab Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.


Lebih lanjut, Gus Men dengan tegas menyampaikan bahwa PPPK harus menjadi ASN bermental melayani, bukan dilayani. “Seluruh ASN harus memiliki mental melayani, mindsetnya pelayanan publik, untuk kepentingan publik, ASN harus dipegang teguh cara bertindak, berpikir dan bertanggung jawab," tandasnya.


Di akhir acara, Gus Men berpesan agar diklat yang selenggarakan saat ini benar-benar bermanfaat dan berdampak, terutama untuk kepentingan pelayanan kepada publik.




Pada kesempatan itu juga Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, Prof. Dr. H. Suyitno, M.Ag menyampaikan peserta orientasi PPPK yang akan dilaksanakan selama satu pekan.


“Setelah pembukaan peserta akan diklat selama seminggu, dengan penguatan karakter,” ucapnya.


Irmawati, salah seorang peserta pembukaan orientasi pada kesempatan itu mengucap rasa bahagianya, bisa menjadi bagian dalam pembukaan orientasi tersebut. 

“Hari ini pada kegiatan pembukaan orientasi ini saya sangat bahagia bisa menjadi salah satu bagian dalam kegiatan pembukaan orientasi PPPK. Ini akan menjadi pembekalan yang penting bagi saya,” tutupnya. (hrt/alf)

di dalam Berita
Hartini 25 Januari, 2024