300 Peserta Ikut Perkampungan Bahasa Arab HM-PS PBA

27 Mei, 2023 oleh
srikartikaabidin

Humas IAIN Parepare — Himpunan Mahasiswa Program Studi (HM-PS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Parepare menggelar perkampungan bahasa yakni Daurah Al Arabiya. Kegiatan tersebut diselenggarakan di PP Al-Urwatul Wutsqaa, Benteng Sidrap, Senin-Sabtu (8-13/5/2023) lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 peserta. Tujuannya untuk memperkenalkan Bahasa Arab kepada santri yang masih awam dalam kategori Bahasa Arab. 

Adapun nama-nama pemateri dalam kegiatan ini yakni Nawal Sa'adah, Yusriani, Muhajir, Muh Yassril, Sarif Jufri, Afriyono, Syifa Ramdhani, Muh Afdhal S, Alfina Frazilia, Muh Riswan Liling, dan Sulfadli. 



Materi yang diberikan oleh para peserta yaitu (التعارف) perkenalan , (bilangan) الكلمة ، العدد (kata), اسم الإشارة (kata tunjuk) , الالوان و الاشكال (warna dan bentuk) , أعضاء الجسم (anggota tubuh), الجهات (arah mata angin). Setiap berlangsungnya materi diiringi lagu agar peserta mudah memahami. 

Ketua Panitia Pelaksana, Hajar mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan agar para santri bisa lebih mencintai Bahasa Arab dan mampu untuk mengaplikasikannya di sekitar asrama. 

"Ke depannya kami harap para santri terus semangat untuk mempelajari Bahasa Arab," ujar Hajar.

Salah seorang peserta pada kegiatan Daurah Al Arabiyah Muh Nur Rasyid Mashudi menyatakan, “Kegiatan Perkampungan Bahasa Arab ini sangat bagus dan seru, Kostur (Koordinator Instruktur, red) selalu memberi motivasi. Saat menulis materi diiringi dengan lagu biar semangat belajar dengan lagu,” kata Nur Rasyid. (ska/alf)

di dalam Berita
srikartikaabidin 27 Mei, 2023