71 Mahasiswa Prodi ALKS Ikut Pelatihan Menulis di Alkestra

28 September, 2023 oleh
srikartikaabidin

Humas IAIN Parepare -- Program Studi (Prodi) Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah (FEBI) IAIN Parepare menggelar kegiatan Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah Training (Alkestra). 


Kegiatan ini berlangsung di Gedung Laboratorium Bahasa IAIN Parepare, Kamis (21/09/2023) dan Sabtu-Minggu (23-24/09/2023). 


Kegiatan itu mengusung tema “Mewujudkan Mahasiswa ALKS yang Literatur, Kreatif, dan Terampil melalui Karya Tulis Ilmiah yang Berkualitas.”


Ketua HMPS ALKS, Firzah Amaliah berharap kegiatan ini akan menghasilkan mahasiswa ALKS yang produktif dalam hal Karya Tulis Ilmiah. "Baik itu opini, esai dan karya tulis lainnya dan bisa terpublikasi di media massa. Ini juga harapan dari Kaprodi untuk menunjang akreditasi prodi ALKS sendiri. Jadi tidak hanya sekadar menulis, tetapi juga dapat terpublikasi di media massa,” ujar Firzah. 


Ia mengatakan, jumlah peserta yang ikut kegiatan tersebut sebanyak 71 orang. Umumnya, katanya, mahasiswa prodi ALKS semester satu, tiga, dan lima. 


"Output dari kegiatan ini adalah melatih softskill mahasiswa ALKS agar dapat lebih produktif untuk membuat tulisan. Baik itu Karya Tulis Ilmiah (KTI), artikel, dan salah satunya adalah esai," ungkap Firzah.


Pelatihan ini dilaksanakan, lanjut Firzah, karena melihat minimnya minat mahasiswa ALKS untuk mengikuti ajang lomba termasuk KTI. Padahal, katanya, banyak ajang lomba tingkat mahasiswa berbasis ekonomi, bisnis, manajemen, dan akuntansi (EMBA) yang diadakan.


"Baik itu tingkat regional, nasional maupun internasional. Alasan itulah sehingga kami dari pengurus HMPS ALKS berinisiatif untuk mengadakan pelatihan ini," ujar Firzah.


Ia menambahkan, pelatihan itu dimulai dengan praktik penggunaan aplikasi Mendeley, kemudian beberapa materi yang diberikan yakni, materi Logica Jurnal Akuntansi, Dasar-dasar KTI, Teknik Merumuskan Judul, EyD, praktik penulisan esai dan trik menembus meja redaksi media massa. 


"Materi yang diberikan kepada peserta disampaikan oleh pemateri yang sudah ahli di bidangnya," tutup Firzah. (ska/alf)



di dalam Berita
srikartikaabidin 28 September, 2023