Adakan Pendampingan Artikel Opini, Mahasiswa Diharapkan Dapat Terbitkan Opini di Media

17 Desember, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare_ Suhartina, salah satu dosen Bahasa Indonesia IAIN Parepare adakan  Kegiatan Pendampingan Artikel Opini untuk mahasiswa di Pepustakaan IAIN Parepare, Jumat (15-12-2023)



Kegiatan Pendampingan Artikel Opini dilaksanakan dengan tujuan menambah pengetahuan dan keterampilan menulis artikel opini bagi mahasiswa. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 120 mahasiswa semester satu dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Tadris IPA, Prodi Hukum Tata Negara, Prodi Hukum Pidana Islam, dan Prodi Perbankan Syariah. Suhartina mengatakan bahwa kegiatan tersebut terlaksana berkat bantuan dari berbagai pihak, terutama Rektor IAIN Parepare yang telah meminjamkan tempat, FLP Parepare, dan FLP Wilayah Sulsel.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa terutama menulis opini sebagai luaran dari matakuliah bahasa Indonesia yang saya ampuh,”papar Suhartina.



Kegiatan yang dimulai pukul 13.30 Wita tersebut, juga dihadiri oleh Ketua FLP FLP Sulawesi Selatan, Wakil Ketua FLP Sulawesi Selatan, dan pengurus FLP Kota Parepare. Pada kesempatan tersebut mereka mengucapkan terima kasih telah diundang untuk memberikan inspirasi menebarkan semangat berliterasi. 

Pemateri yang diundang pada kegiatan tersebut adalah Nur Yusriyyah Bakhtiar (Sekretaris FLP Sulawesi Selatan), Ilham Mustamin (Direktur Sampan Institut), dan Thania Novita Darmayanti Hutagaol (Koordinator Divisi Karya FLP Sulawesi Selatan). Pada kegiatan tersebut pemateri tidak hanya memberikan tips-tips menulis artikel opini dan informasi terkait  media yang cocok untuk mengirim artikel opini, tetapi juga memberikan inspirasi kepada para mahasiswa untuk produktif menulis. Para peserta antusias mengikuti kegiatan tersebut. Akram salah satu mahasiswa HTN mengungkapkan harapannya agar kegiatan seperti ini bisa menjadi penyemangat untuk menyelesaikan tulisan yang digarapnya.



“Ya, salah satu tugas akhir matakuliah Bahasa Indonesia adalah menulis opini. Beberapa pekan ini kami sudah merumuskan judul, mereviu berbagai artikel yang berkaitan dengan judul agar data tulisan kami berbobot, dan sekarang dengan adanya materi yang disampaikan oleh pemateri kami menjadi semakin yakin untuk menyelesaikan tulisan tersebut. Mudah-mudahan bisa segera dikirim ke media dan diterbitkan.”(fzs/tin)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 17 Desember, 2023